3 Cara Mudah Meredakan Nyeri Saat Persalinan

Senin, 02 Oktober 2017 - 08:19 WIB
3 Cara Mudah Meredakan Nyeri Saat Persalinan
3 Cara Mudah Meredakan Nyeri Saat Persalinan
A A A
JAKARTA - Kontraksi yang muncul menjelang persalinan membuat para ibu merasakan nyeri yang hebat. Kondisi ini pun membuat mereka merasa tidak nyaman. Apalagi jika kontraksi hadir secara terus menerus membuat ibu mengalami cemas dan frustasi.

Untuk mengurangi rasa nyeri menjelang persalinan bisa dilakukan dengan beberapa cara mudah. Berikut ulasannya seperti dilansir dari Today's Parent.

1. Pijatan
Pijatan terbukti bisa meredakan rasa nyeri, khususnya pada punggung bagian bawah. Sedangkan pijatan pada tangan dan kaki bisa membuat ibu hamil merasa lebih rileks.

2. Banyak bergerak
Sebuah penelitian mengungkapkan, bahwa posisi berbaring bukanlah posisi ideal untuk meredakan rasa nyeri. Pasalnya, posisi ini tidak bisa membuat ibu hamil bergerak bebas. Namun, posisi ibu hamil yang banyak bergerak seperti berjalan, bersandar atau berjongkok bisa membantu meredakan rasa nyeri.

3. Berendam di bak mandi
Penelitian menunjukkan, ibu hamil yang mnghabiskan waktu berendam di air lebih mungkin mengalami kontraksi yang tidak terlalu menyakitkan. Namun sayang, banyak ibu hamil yang merasa sulit untuk mencapai posisi yang mereka sukai di bak mandi. Karena itu diperlukan dukungan orang sekitarnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8313 seconds (0.1#10.140)