6 Jamu Herbal yang Bisa Bantu Proses Penyembuhan Cacar Monyet

Selasa, 07 November 2023 - 07:07 WIB
loading...
6 Jamu Herbal yang Bisa Bantu Proses Penyembuhan Cacar Monyet
Obat atau jamu herbal yang bisa dipakai untuk membantu penyembuhan cacar monyet (Mpox) atau juga mempercepat penyembuhan cacar monyet adalah herbal-herbal yang bersifat imunostimulan. Foto/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Beredar informasi baru-baru ini bahwa jamu herbal yang bersifat imunostimulan bisa membantu proses penyembuhan penyakit Mpox alias cacar monyet.

Informasi ini disampaikan oleh Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI).

“Obat atau jamu herbal yang bisa dipakai untuk membantu penyembuhan cacar monyet (Mpox) atau juga mempercepat penyembuhan cacar monyet adalah herbal-herbal yang bersifat imunostimulan,” kata Ketua Umum PDPOTJI Inggrid Tania, dilansir dari Antara, Selasa (7/11/2023).

Lantas, jenis jamu herbal apa saja yang dianjurkan PDPOTJI untuk dikonsumsi penderita cacar monyet? Berikut di antaranya.


1. Meniran

Meniran merupakan tanaman liar yang dapat tumbuh di segala musim. Tumbuhan ini tak hanya berkhasiat untuk penyembuhan penderita cacar monyet, namun juga bisa membantu pemulihan penyakit kanker, SARS, hepatitis, demam berdarah dan kencing batu.

Herba meniran mengandung filantin, hipofilantin, damar, kalium, tanin, saponin, flavanoid dan triterpenoid.

Meniran berfungsi sebagai antibakteri atau antibiotik, antihepatotoksik, antipiretik, antitusif, antiradang, antivirus, diuretik, ekspektoran, hipoglikemik, dan sebagai immunostimulan.

2. Sambiloto

Sambiloto merupakan tanaman asli Indonesia yang memiliki agen immunomodulator. Aktivitas immunomodulator dari sambiloto ini disebabkan karena adanya beberapa kandungan senyawa aktif di dalamnya. Mulai dari deoxyandrographolide, andrographolide, 14-deoxy-11, neoandrographolide, 12- didehydroandrographolide, homoandrographolide, diterpenoid, hingga flavonoid.

Sebagai agen immunomodulator, sambiloto dapat digunakan sebagai immunostimulator yang meningkatkan respons imun saat kekebalan tubuh menurun.

Sambiloto juga bisa menjadi imunosupresor yang dapat menurunkan respons kekebalan tubuh saat sistem kekebalan tubuh meningkat melebihi kondisi tubuh normal. Selain itu, sebagai immunomodulator, sambiloto juga mampu menormalkan kondisi tubuh meskipun terjadi infeksi.

3. Temulawak

Temulawak adalah tanaman asli Indonesia yang bentuknya mirip dengan kunyit. Saat ini, temulawak banyak dibudidayakan sebagai tanaman herbal rumah.

Umumnya, temulawak memiliki akar rimpang dan kulit yang berwarna kuning muda. Rimpang ini mengandung kurkuminoid, minyak atsiri, pati, protein, lemak, selulosa, dan mineral.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1933 seconds (0.1#10.140)