6 Jamu Herbal yang Bisa Bantu Proses Penyembuhan Cacar Monyet

Selasa, 07 November 2023 - 07:07 WIB
loading...
A A A
Temulawak terkenal dengan manfaatnya untuk mengobati gangguan pencernaan, mengatasi osteoartritis, obat kanker, obat antiradang, antibakteri, antijamur, dan masih banyak lagi.


4. Jahe Merah

Tanaman herbal ini juga memiliki efek imunostimulan dengan kandungan zat aktif gingerol, shogaol, dan antosianidin yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh serta aktivitas fagositosis yang kuat.

Dalam bidang kesehatan, jahe merah mengandung senyawa–senyawa yang bersifat antioksidan salah satunya adalah senyawa fenol. Senyawa fenol yang ada pada rimpang jahe merah berpotensi untuk mencegah hemolisis dan menghambat reaksi oksidasi radikal bebas didalam tubuh.

5. Pegagan

Tak hanya berkhasiat untuk pemulihan cacar monyet, antioksidan yang terdapat pada pegagan juga berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Mulai dari lemah syaraf, demam, bronkhitis, kencing manis, tekanan darah tinggi, penambah nafsu makan, hingga menjaga vitalitas serta untuk merevitalisasi tubuh dan otak yang kelelahan.

6. Bawang Putih

Bawang putih juga termasuk jenis tanaman obat yang dikenal berfungsi sebagai imunostimulan. Senyawa belerang dalam bawang putih memiliki sifat antimikroba dan dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh, membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit.

Tak hanya itu, manfaat bawang putih juga telah lama digunakan untuk menurunkan kolesterol dan menjaga kesehatan jantung. Kandungan zat di dalamnya dikenal mampu menjaga kesehatan pembuluh darah dan fungsi otak.
(tsa)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1904 seconds (0.1#10.140)