10 Cara Terbaik Menanamkan Nasionalisme pada Anak

Sabtu, 08 Agustus 2020 - 10:26 WIB
loading...
10 Cara Terbaik Menanamkan Nasionalisme pada Anak
Sebagai penerus bangsa, jiwa nasionalis harus ditumbuhkan pada setiap anak sejak dini. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan agar anak bisa mencintai bangsa ini. Ilustrasi/SINDOnews/Titus Jefika Heri Hendarmawan
A A A
SEBAGAI penerus bangsa, jiwa nasionalis harus ditumbuhkan pada setiap anak sejak dini. Jiwa nasionalis yang ditanamkan sejak kecil akan membuat anak semakin mengenal dan mencintai bangsanya. Apalagi sebentar lagi HUT Indonesia ke-75 dirayakan. (Baca juga: 10 Pahlawan Nasional Paling Menginspirasi)

Banyak aktivitas yang bisa dilakukan agar anak bisa mencintai bangsa ini. Berikut cara tanamkan jiwa nasionalisme paling banyak diajarkan pada anak berdasarkan hasil survei Litbang SINDO Media. (Baca juga: HUT RI Ke-75 Bakal Diwarnai Pembunyian Sirine Serentak di Seluruh Indonesia)

1. Memperkenalkan Sejarah Indonesia
10 Cara Terbaik Menanamkan Nasionalisme pada Anak

Menanamkan jiwa nasionalis bisa dilakukan dengan mengenalkan sejarah Indonesia. Orang tua bisa membacakan buku cerita tentang perjuangan para pahlawan. Meskipun di sekolah anak akan mendapat pelajaran sejarah tentang Indonesia, tapi orang tua juga bisa mengenalkannya di rumah. (Baca juga: Mengembalikan Identitas Sejati Kota Medan sebagai Kota Perdagangan dan Saudagar)

2. Mengajarkan untuk Menghargai Perbedaan
10 Cara Terbaik Menanamkan Nasionalisme pada Anak

Indonesia terdiri dari beragam suku, budaya dan agama. Mengajarkan anak untuk bertoleransi akan perbedaan tersebut termasuk dalam salah satu cara menanamkan jiwa nasionalisme. Saat mengajarkan toleransi, orang tua harus terlebih dahulu mencontohkannya kepada anak. (Lihat foto: Layangan Raksasa Sambut HUT Ke-75 Republik Indonesia)

3. Menggunakan Produk Dalam Negeri
10 Cara Terbaik Menanamkan Nasionalisme pada Anak

Cara ini turut membantu mendongkrak perekonomian bangsa. Di tengah serbuan produk luar negeri yang masuk ke Indonesia, tetap mencintai produk dalam negeri menjadi sebuah hal yang harus dilakukan.Mengajarkan cara ini bisa dilakukan secara pelan-pelan. Misalnya mulai membelikan anak tas atau benda kesukaannya yang dibuat oleh perajin dalam negeri. (Baca juga: Keikhlasan Membeli Produk Lokal Bisa Jadi Penyelamat Ekonomi dari Jurang Resesi)

4. Memperkenalkan Budaya Indonesia
10 Cara Terbaik Menanamkan Nasionalisme pada Anak

Di era modern, kebudayaan Indonesia tetap harus dilestarikan. Tetap mengenalkan anak akan budaya dari berbagai daerah di Indonesia. Mengenalkan budaya Indonesia bisa juga dengan membelikan anak buku tentang kebudayaan Indonesia. (LIhat grafis:
8 Negara yang Mempelajari Budaya dan Bahasa Indonesia)

5. Melibatkan Anak dalam Kegiatan HUT Kemerdekaan RI
10 Cara Terbaik Menanamkan Nasionalisme pada Anak

Kegiatan 17 Agustus ini menjadi aktivitas yang menyenangkan bagi semua kalangan. Bukan hanya anak-anak, juga untuk orang dewasa. Dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan RI, biasanya banyak acara dan kegiatan yang dilakukan. Salah satunya adalah perlombaan . (Baca juga: Kurangi Gadget, Ayo Masyarakatkan Permainan Tradisional!)

6. Mengajak ke Museum
10 Cara Terbaik Menanamkan Nasionalisme pada Anak

Jalan-jalan ke museum bisa menjadi jalan untuk menanamkan jiwa nasionalisme pada anak. Kini sudah banyak museum di Jakarta yang bisa menjadi pilihan menghabiskan akhir pekan. Beberapa pilihan museum yang bisa dikunjungi bersama anak antara lain museum Wayang, museum Fatahillah, museum Bank Indonesia, museum Nasional, dan lainnya. (Baca juga: Liburan, Kunjungi 10 Wisata Museum Terpopuler di Indonesia Ini)

7. Membacakan Cerita Pahlawan
10 Cara Terbaik Menanamkan Nasionalisme pada Anak

Kisah perjuangan para pahlawan harus terus disampaikan kepada setiap generasi bangsa. Selain untuk menghargai jasa pahlawan, hal ini perlu dilakukan untuk melanjutkan semangat juang dari para pahlawan.

Untuk anak-anak buku cerita yang bergambar akan menarik untuk dilihat. Membacakan cerita pahlawan bisa dilakukan diwaktu bermain anak atau saat sebelum tidur. (Baca juga: Di Ende, Wajah Bung Karno Kini Tengah Muram)
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1827 seconds (10.55#12.26)