Benarkah Garam Jadi Penyebab Diabetes Tipe 2?

Rabu, 08 November 2023 - 11:20 WIB
loading...
Benarkah Garam Jadi...
Garam dinilai sebagai penyebab diabetes, benarkan? Foto/ clevelandclinic
A A A
JAKARTA - Benarkah garam jadi penyebab diabetes tipe 2? Ketika orang memikirkan makanan pemicu yang berhubungan dengan diabetes tipe 2, maka yang terpikir adalah gula, meski buktinya masih belum jelas. Kini, garam pun dinilai sebagai penyebab diabetes, benarkan?

Penelitian yang dilakukan peneliti di Universitas Tulane di New Orleans menggunakan melibatkan 400 ribu orang dewasa, yang diambil dari studi UK Biobank.

Baca Juga: 6 Khasiat Tak Terduga Biji Pepaya, Salah Satunya Jaga Kesehatan Jantung

Studi observasional ini mengikuti peserta selama hampir dua belas tahun. Pada saat itu, sekitar 13 ribu orang menderita diabetes tipe 2 .

Dilansir hindustan times, peneliti utama mengatakan bahwa menghentikan konsumsi garam dapat membantu mencegah diabetes tipe 2. Namun apakah sesederhana itu?

Pertama, jenis penelitian yang disebut studi observasional ini tidak dapat membuktikan bahwa suatu hal menyebabkan hal lain, hanya membuktikan bahwa satu hal berkaitan dengan hal lain. Mungkin ada faktor-faktor lain yang berperan. Jadi, tidak tepat untuk mengatakan bahwa menghentikan konsumsi garam dapat membantu mencegah diabetes.

Asupan garam normal di negara-negara seperti Inggris adalah sekitar 8g atau dua sendok teh sehari. Namun sekitar tiga perempatnya berasal dari makanan olahan. Sebagian besar sisanya ditambahkan saat memasak dengan sedikit tambahan di meja.

NHS menyarankan agar masyarakat membatasi asupan garam harian mereka hingga 6 gram. Meski masyarakat Inggris telah mengurangi asupan garam selama beberapa dekade terakhir, masih ada jalan yang harus ditempuh, mengingat pengurangan garam adalah tujuan kesehatan masyarakat, penting untuk mengukur asupan garam untuk melihat apakah ada potensi yang dikenal sebagai efek “respons dosis”.

Data yang dilaporkan tidak dapat menunjukkan apakah mengonsumsi 2 gram garam sehari yang ditambahkan ke meja meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2 lebih besar daripada mengonsumsi, katakanlah, 1 gram sehari.

Para peneliti menggunakan tes asupan garam lainnya, termasuk perkiraan berapa banyak garam yang hilang dalam urin peserta selama 24 jam. Ini adalah cara paling akurat untuk mengukur asupan natrium atau garam.

Pendekatan ini juga menunjukkan bahwa natrium yang lebih tinggi dalam urin dikaitkan dengan risiko lebih tinggi terkena diabetes tipe 2. Namun, apa yang dimakan partisipan tidak dipertimbangkan sama sekali dalam analisis ini. Jadi belum jelas apakah garam bisa terlibat langsung dalam meningkatkan risiko seseorang terkena diabetes tipe 2.

Ada beberapa bukti bahwa peningkatan asupan garam , yang diukur dengan natrium dalam urin, mungkin terkait dengan peningkatan kadar hormon stres kortisol. Hal ini dikaitkan dengan peningkatan tekanan darah dan berkurangnya efektivitas hormon insulin.

Insulin biasanya mengontrol kadar glukosa darah dan merupakan bagian penting dari perkembangan diabetes tipe 2. Namun, bukti mekanisme ini hanya ditunjukkan pada tikus. Namun, mengurangi garam masih merupakan ide bagus untuk kesehatan.

Jadi, menggunakan sedikit garam sebagai bagian dari pola makan sehat dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Baca Juga: Warga Palestina Terpaksa Minum Air Kotor akibat Krisis Air Bersih, Ini Bahayanya bagi Tubuh

Penelitian ini tidak menunjukkan seberapa banyak kita perlu mengurangi asupan garam , namun hanya menunjukkan lemahnya hubungan antara menambahkan garam pada makanan dan risiko terkena diabetes tipe 2.

Jadi, lebih baik fokus pada apa yang diketahui bisa mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2 , yaitu menjaga berat badan yang sehat, aktif secara fisik dan makan makanan yang sehat.
(tdy)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Lanjut Baca Berita Terkait Lainnya
Berita Terkait
Dokter Ungkap Bahaya...
Dokter Ungkap Bahaya Gula Berlebihan pada Anak, Bisa Turunkan Kecerdasan
Kebiasaan Duduk Lama...
Kebiasaan Duduk Lama Bisa Sebabkan Diabetes, Ini Penjelasan Dokter!
Penderita Diabetes Sebaiknya...
Penderita Diabetes Sebaiknya Hindari Konsumsi Semangka, Ini Alasannya!
Jangan Salah, Gula dari...
Jangan Salah, Gula dari Buah Juga Bisa Memicu Diabetes Semakin Parah
Jangan Tertipu Label...
Jangan Tertipu Label Low Sugar! Menkes Jelaskan Efek Pemanis Buatan pada Tubuh
Budi Gunadi Sadikin...
Budi Gunadi Sadikin Ungkap Bahaya Boba: 1 Porsi Setara 150 Kalori dan 10 Gram Gula
Peneliti Universitas...
Peneliti Universitas Jember Buktikan Tanaman Liar Kalimantan Efektif Turunkan Gula Darah
Kurangi Ketergantungan...
Kurangi Ketergantungan Impor, Nindya Karya Bangun Tambak Garam di Rote Ndao
Inovasi Terbaru Novo...
Inovasi Terbaru Novo Nordisk untuk Diabetes Tipe 2 Disetujui FDA AS
Rekomendasi
Banding, Ariyanto Bakri...
Banding, Ariyanto Bakri Tetap Dihukum 16 Tahun di Kasus Suap CPO dan Bayar Uang Pengganti Rp21 Miliar
Mengenal 3 Amalan Utama...
Mengenal 3 Amalan Utama Bulan Muharram, Sayang untuk Dilewatkan!
Pakar Hukum: UU Polri...
Pakar Hukum: UU Polri yang Baru Akomodasi Kepentingan Masyarakat dan Kepolisian
Berita Terkini
Sooyoung SNSD dan Jung...
Sooyoung SNSD dan Jung Kyung-ho Putus setelah 14 Tahun Pacaran
Grillz Mawar Biru Jennie...
Grillz Mawar Biru Jennie BLACKPINK Jadi Perbincangan, Ada yang Menyebut Mirip Gigi Berlubang
Cari Tontonan Plot Twist?...
Cari Tontonan Plot Twist? Ini 5 Microdrama V+Short yang Wajib Masuk Watchlist
Video Persalinan Amanda...
Video Persalinan Amanda Manopo dan Baby Zac Viral, Ucapan soal Anak Kedua Curi Perhatian
Solusi Tepat Menghadapi...
Solusi Tepat Menghadapi Situasi Mendadak dalam Perjalanan Bisnis
Thariq Halilintar dan...
Thariq Halilintar dan Aaliyah Massaid Penuhi Panggilan Polda Metro Jaya Terkait Kasus Hanania Travel
Infografis
True Promise 4 Mengamuk!...
True Promise 4 Mengamuk! Pangkalan Militer AS di Timur Tengah Jadi Rongsokan
Copyright ©2026 SINDOnews.com All Rights Reserved