Manfaat Minum Air Hangat dan Efek Sampingnya untuk Kesehatan

Kamis, 09 November 2023 - 09:00 WIB
loading...
Manfaat Minum Air Hangat...
Manfaat minum air hangat untuk kesehatan sangat beragam. Tidak hanya memuaskan dahaga, tetapi juga merupakan obat alami yang bisa membantu dalam berbagai cara. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Manfaat minum air hangat untuk kesehatan sangat beragam. Minuman ini tidak hanya memuaskan dahaga Anda, tetapi juga merupakan obat alami yang bisa membantu dalam berbagai cara.

Dari kulit hingga kesehatan secara keseluruhan, air hangat mengandung khasiat alami yang bisa meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan. Meskipun minum dalam bentuk apa pun bermanfaat, minum air hangat menawarkan lebih banyak manfaat.

Manfaat minum air hangat lebih dari sekadar membuat Anda tetap terhidrasi. Minum air hangat di pagi hari dipercaya dapat membantu pencernaan dengan memecah makanan dan merangsang pergerakan usus.

Manfaat Minum Air Hangat dan Efek Sampingnya untuk Kesehatan





Manfaat Minum Air Hangat



Dilansir dari Health Shots, Kamis (9/11/2023) ahli diet dan ahli gizi klinis di Rumah Sakit Nanavati Max Super Speciality di Mumbai mengatakan minuman ini juga baik untuk meningkatkan sirkulasi darah dan detoksifikasi.

Bahkan penelitian menemukan efek positif beralih dari air dingin ke air hangat. Minum air hangat bahkan dapat membantu mereka yang mencoba menurunkan berat badan.

Minum setengah liter air hangat sebelum makan dapat meningkatkan metabolisme sebesar 30 persen, sesuai penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism. Semakin tinggi suhunya, semakin baik metabolisme Anda.

Namun, jangan minum air yang terlalu panas karena dapat menimbulkan dampak yang serius. Sementara itu, waktu terbaik minum air hangat adalah setelah bangun tidur di pagi hari, sebelum sarapan. Dianjurkan juga untuk minum air hangat sebelum makan untuk menunjang pencernaan.



Meskipun minum air hangat bermanfaat untuk kesehatan yang lebih baik, tidak ada cukup bukti klinis yang menunjukkan keunggulannya dibandingkan air dingin atau air bersuhu ruangan. Yang paling penting adalah tetap terhidrasi, namun suhu air dapat didasarkan pada preferensi dan kenyamanan pribadi.

Efek Samping Minum Air Hangat



Mengonsumsi air hangat memang baik untuk kesehatan, namun jika berlebihan bisa berbahaya. Para ahli menyarankan untuk menghindari minum air panas karena berpotensi melepuh pada mulut dan tenggorokan.

Penting untuk memastikan suhu air tidak terlalu panas. Minum air hangat dalam jumlah sedang umumnya aman bagi sebagian besar orang, namun konsumsi berlebihan dalam jangka waktu singkat dapat menyebabkan keracunan air.

(dra)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1182 seconds (0.1#10.140)