Pentingnya Dukungan Psikologis bagi Penderita Diabetes, Ini 3 Hal yang Bisa Dilakukan

Senin, 13 November 2023 - 07:07 WIB
loading...
Pentingnya Dukungan Psikologis bagi Penderita Diabetes, Ini 3 Hal yang Bisa Dilakukan
Kondisi diabetes serta komplikasinya bukan hanya membuat tubuh kesakitan dan terasa tidak nyaman. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Kondisi diabetes serta komplikasinya bukan hanya membuat tubuh kesakitan dan terasa tidak nyaman. Diketahui diabetes juga berkaitan erat dengan masalah psikologis, termasuk rasa cemas dan kondisi depresi. Hal ini dapat menyebabkan turunnya tingkat kualitas hidup seseorang pengidap diabetes.

Untuk itu, memberi dukungan dari sisi psikologis sebagai support system sangatlah dibutuhkan. Sebab, kondisi emosional ini dapat mengganggu ketaatan seseorang yang menderita diabetes dalam menjalankan pola makan seimbang, olahraga, hingga pengobatan yang diperlukan untuk mengontrol kondisi diabetes.



“Terdapat berbagai bentuk dukungan yang dapat dilakukan keluarga diabetesi, mulai dari dukungan emosi, dukungan apresiasi, dukungan instrumental, hingga dukungan informasi,” kata dr. Rudy Kurniawan, Pendiri Komunitas Sobat Diabet, dalam acara di Lapangan Banteng, Jakarta, Minggu (12/11/2023).

Untuk mengetahui lebih jelas terkait dukungan psikologis bagi pasien diabetes, simak rangkuman informasi berikut.

1. Dukungan Emosi

Dukungan dari sisi emosi dapat berupa kata-kata motivasi untuk memberi semangat, perhatian (seperti menanyakan kabar dan kondisi), atau bersedia menemani mereka.


2. Dukungan Apresiasi

Untuk dukungan apresiasi bisa Anda lakukan berupa pujian yang dapat meningkatkan motivasi mereka dengan instrumental berupa bantuan menyiapkan makanan, bantuan mengingatkan jadwal konsumsi obat dan pemeriksaan rutin, serta bantuan menyediakan alat pengukur kadar gula darah.

3. Dukungan Informasi

Terakhir dukungan informasi yang dapat dilakukan berupa nasihat, saran, atau masukan terkait kondisi diabetes.

“Dengan dukungan keluarga yang baik, tingkat kualitas hidup pada diabetesi pun akan semakin baik karena terbukti mampu meningkatkan ketaatan para diabetesi dalam mengontrol kondisinya,“ ujar dr. Rudy.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1322 seconds (0.1#10.140)