7 Obat Alami untuk Mengatasi Hidung Tersumbat yang Bisa Dicoba di Rumah

Selasa, 14 November 2023 - 10:15 WIB
loading...
7 Obat Alami untuk Mengatasi Hidung Tersumbat yang Bisa Dicoba di Rumah
Obat alami untuk mengatasi hidung tersumbat sangat beragam. Hidung tersumbat kondisi umum yang ditandai dengan peradangan dan pembengkakan saluran hidung. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Obat alami untuk mengatasi hidung tersumbat sangat beragam dan bisa dicoba di rumah. Hidung tersumbat adalah kondisi umum yang ditandai dengan peradangan dan pembengkakan saluran hidung. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor.

Seperti infeksi virus yang dapat menyebabkan hidung tersumbat karena respon imun tubuh menyebabkan peradangan saluran hidung. Reaksi alergi terhadap zat seperti serbuk sari, tungau debu, bulu hewan peliharaan, atau makanan tertentu dapat memicu hidung tersumbat.

Peradangan sinus karena infeksi atau alergi dapat menyebabkan hidung tersumbat. Peradangan pada lapisan hidung yang disebabkan oleh iritasi seperti asap, bahan kimia, atau bau yang kuat juga dapat menyebabkan hidung tersumbat. Septum hidung yang bengkok atau tidak sejajar dapat menghalangi aliran udara dan memicu hidung tersumbat.

Obat Alami untuk Mengatasi Hidung Tersumbat yang Bisa Dicoba di Rumah



Berikut obat alami untuk mengatasi hidung tersumbat dilansir dari NDTV, Selasa (14/11/2023).



1. Minyak Herbal dan Obat Tetes Hidung


Terapi ini menggunakan minyak herbal atau obat tetes hidung yang diteteskan ke dalam lubang hidung untuk meredakan hidung tersumbat. Ini membantu membersihkan saluran hidung, menghilangkan racun, dan meningkatkan kesehatan pernapasan secara keseluruhan.

2. Menghirup Uap


Menghirup uap yang diresapi dengan minyak herbal, seperti kayu putih atau mint, dapat membantu membuka saluran hidung yang tersumbat dan memberikan kelegaan. Ini juga menyebabkan keringat, yang membantu mendetoksifikasi tubuh.

3. Teh Jahe


Mengonsumsi teh jahe dapat membantu mengurangi peradangan, meredakan hidung tersumbat, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jahe memiliki sifat anti-inflamasi dan antivirus yang membantu membersihkan sinus.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1381 seconds (0.1#10.140)