Ini Buah-buahan yang Wajib Dihindari Penderita Diabates, Apa Saja?

Rabu, 15 November 2023 - 08:00 WIB
loading...
Ini Buah-buahan yang Wajib Dihindari Penderita Diabates, Apa Saja?
Ada buah-buahan yang harus dihindari bagi penderita diabetes. Ini karena tinggi glikemiks. Foto/
A A A
JAKARTA – Ada buah-buahan yang harus dihindari bagi penderita diabetes . Artinya, tidak saja makanan manis atau berlemak yang baiknya tidak dikonsumsi, juga buah-buahan.

Bertepatan dengan Hari Diabates Sedunia, tidak ada salahnya untuk lebih jeli memilih buah yang perlu dihindari



dr. Jovita Amelia MSc. Sp.GK selaku ahli gizi mengatakan, buah-buahan yang tinggi glikemiks perlu dihindari oleh penderita diabates .

“Buah-buah yang indeks glikemiksnya tinggi ya yang perlu dihindari,” ungkap dr. Jovita saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Selasa (14/11/2023).

Indeks glikemik merupakan angka yang menunjukan tingginya kadar gila darah dalam suatu asupan, termasuk pada buah-buahan. Indeks glikemik dikatakan tinggi saat sudah mencapai lebih dari 70.

Lalu, buah apa saja itu? dr. Jovita mengatakan beberapa jenis buah yang mengandung indeks glikemik tinggi, seperti semangka, sawo, nangka, pisang, mangga hingga nanas.

“Kalau semangka sekitar 72, nanas sekitar 66, piaang matang 60, mangga 60, kurma 103. ini bisa lebih tinggi klo buahnya semakin matang,” tutur dr. Jovita.



Buah-buahan tersebut tentu sebaiknya dihindari oleh penyandang diabetes demi menjaga gula darah mereka. Bila memang ingin dikonsumsi, perlu diperhatikan jumlahnya agar tidak meningkatkan kadar gula darah.

“Kalau mau makan buah ini pun harus diperhatikan jumlah asupannya, semakin banyak tentu meningkatkan glycemix load yang juga nantinya meningkatkan kadar gula darah,” jelas dr. Jovita.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1465 seconds (0.1#10.140)