10 Manfaat Konsumsi Sayuran yang Dikukus, Bisa Kontrol Gula Darah

Kamis, 16 November 2023 - 09:44 WIB
loading...
10 Manfaat Konsumsi Sayuran yang Dikukus, Bisa Kontrol Gula Darah
Sayuran kukus merupakan sayuran yang dimasak oleh uap yang dihasilkan dari air mendidih. Cara ini pilihan memasak yang sehat karena mempertahankan nutrisi. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Sayuran kukus merupakan sayuran yang dimasak oleh uap yang dihasilkan dari air mendidih. Cara ini dianggap sebagai pilihan memasak yang sehat karena mengukus membantu mempertahankan nutrisi dan rasa alami dari sayuran.

Sayuran kukus rendah kalori, tinggi serat, dan mengandung berbagai vitamin, mineral, dan antioksidan. Mengukus juga membantu menjaga warna, tekstur, dan rasa sayuran.

Berikut beberapa manfaat umum mengonsumsi sayuran kukus dilansir dari NDTV, Kamis (16/11/2023).

Manfaat Konsumsi Sayuran yang Dikukus





1. Kaya Nutrisi


Sayuran kukus mempertahankan sebagian besar nutrisinya. Termasuk vitamin, mineral, dan antioksidan sehingga menjadikannya sumber nutrisi penting yang berharga bagi tubuh.

2. Manajemen Berat Badan


Sayuran kukus rendah kalori dan tinggi serat. Hal ini membantu dalam mengelola berat badan karena memberikan perasaan kenyang dan mengurangi asupan kalori.

3. Kesehatan Pencernaan


Kandungan serat yang tinggi dalam sayuran kukus membantu pencernaan dengan menambahkan massa ke feses, mencegah sembelit, dan meningkatkan buang air besar secara teratur.

4. Kesehatan Jantung


Sayuran kukus sehat untuk jantung karena memiliki kandungan kalium yang tinggi, yang membantu mengatur tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung.

5. Risiko Penyakit Kronis Lebih Rendah


Konsumsi sayuran kukus secara teratur dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, dan jenis kanker tertentu karena kandungan antioksidannya yang tinggi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2028 seconds (0.1#10.140)