7 Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin C, Kenali Gejalanya

Jum'at, 17 November 2023 - 07:35 WIB
loading...
7 Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin C, Kenali Gejalanya
Tanda tubuh kekurangan vitamin C biasanya menunjukkan beberapa gejala. Vitamin C nutrisi penting yang harus dikonsumsi secara rutin untuk mencegah defisiensi. Foto/Cooper Complete
A A A
JAKARTA - Tanda tubuh kekurangan vitamin C biasanya menunjukkan beberapa gejala yang bisa diketahui. Vitamin C merupakan nutrisi penting yang harus dikonsumsi secara rutin untuk mencegah defisiensi.

Faktor risiko paling umum untuk kekurangan vitamin C adalah pola makan yang buruk, alkoholisme, anoreksia, penyakit mental yang parah, merokok dan cuci darah. Gejala kekurangan vitamin C yang parah membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk berkembang, ada beberapa tanda harus diwaspadai.

Meski demikian, kekurangan vitamin C relatif jarang terjadi di negara-negara maju. Ini karena ketersediaan produk segar dan penambahan vitamin C pada makanan dan suplemen tertentu.

Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin C



Berikut tanda tubuh kekurangan vitamin C seperti dilansir dari Health Line, Jumat (17/11/2023).



1. Kulit Kasar


Vitamin C memainkan peran penting dalam produksi kolagen, protein yang berlimpah di jaringan ikat seperti kulit, rambut, sendi, tulang, dan pembuluh darah. Ketika kadar vitamin C rendah, kondisi kulit yang dikenal sebagai keratosis pilaris bisa berkembang.

Pada kondisi ini, terbentuk “kulit ayam” bergelombang di bagian belakang lengan atas, paha, atau bokong akibat penumpukan protein keratin di dalam pori-pori. Keratosis pilaris yang disebabkan oleh kekurangan vitamin C biasanya muncul setelah tiga hingga lima bulan asupan vitamin C tidak mencukupi dan hilang dengan suplementasi

2. Kuku Rapuh dan Bintik Merah


Kuku berbentuk sendok dicirikan oleh bentuknya yang cekung dan seringkali tipis dan rapuh. Penyakit ini lebih sering dikaitkan dengan anemia defisiensi besi tetapi juga dikaitkan dengan kekurangan vitamin C.

Bintik-bintik merah atau garis vertikal di dasar kuku, yang dikenal sebagai serpihan pendarahan, juga dapat muncul selama kekurangan vitamin C. Ini karena melemahnya pembuluh darah sehingga mudah pecah.

3. Mudah Memar


Memar terjadi ketika pembuluh darah di bawah kulit pecah sehingga menyebabkan darah bocor ke area sekitarnya. Mudah memar adalah tanda umum kekurangan vitamin C karena produksi kolagen yang buruk menyebabkan pembuluh darah lemah.

Memar yang berhubungan dengan defisiensi dapat menutupi sebagian besar tubuh atau tampak seperti titik-titik kecil berwarna ungu di bawah kulit. Mudah memar sering kali merupakan salah satu gejala pertama kekurangan vitamin C.

7 Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin C, Kenali Gejalanya

Foto/Infografis SINDOnews



4. Luka Lama Sembuh


Karena kekurangan vitamin C memperlambat laju pembentukan kolagen, hal ini menyebabkan luka sembuh lebih lambat. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang dengan luka kaki kronis yang tidak kunjung sembuh secara signifikan lebih mungkin mengalami kekurangan vitamin C dibandingkan mereka yang tidak mengalami luka kaki kronis.

Dalam kasus kekurangan vitamin C yang parah, luka lama bahkan bisa terbuka kembali, sehingga meningkatkan risiko infeksi. Penyembuhan luka yang lambat adalah salah satu tanda defisiensi yang lebih lanjut dan biasanya tidak terlihat sampai seseorang mengalami defisiensi selama berbulan-bulan.

5. Sendi yang Nyeri dan Bengkak


Karena persendian mengandung banyak jaringan ikat kaya kolagen, persendian juga dapat terkena dampak kekurangan vitamin C. Ada banyak kasus nyeri sendi yang dilaporkan terkait dengan kekurangan vitamin C, seringkali cukup parah hingga menyebabkan pincang atau kesulitan berjalan.

Pendarahan pada persendian juga dapat terjadi pada orang yang kekurangan vitamin C sehingga menyebabkan pembengkakan dan nyeri tambahan. Namun, kedua gejala ini dapat diobati dengan suplemen vitamin C dan biasanya hilang dalam waktu satu minggu.

6. Tulang Lemah


Kekurangan vitamin C juga dapat mempengaruhi kesehatan tulang. Faktanya, asupan yang rendah telah dikaitkan dengan peningkatan risiko patah tulang dan osteoporosis. Penelitian menemukan bahwa vitamin C memainkan peran penting dalam pembentukan tulang, sehingga kekurangan vitamin C dapat meningkatkan laju pengeroposan tulang.

Tulang anak-anak mungkin sangat terpengaruh oleh kekurangan vitamin C, karena mereka masih dalam masa pertumbuhan dan perkembangan.



7. Gusi Berdarah dan Gigi Rontok


Gusi merah, bengkak, dan berdarah adalah tanda umum kekurangan vitamin C. Tanpa vitamin C yang cukup, jaringan gusi menjadi lemah dan meradang serta pembuluh darah lebih mudah berdarah.

Pada kekurangan vitamin C stadium lanjut, gusi bahkan tampak ungu dan busuk. Pada akhirnya, gigi bisa tanggal karena gusi yang tidak sehat dan lemahnya dentin, lapisan dalam gigi yang mengalami kalsifikasi.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2559 seconds (0.1#10.140)