5 Makanan Tinggi Protein yang Cocok untuk Diet, Bikin Kenyang Lebih Lama

Senin, 20 November 2023 - 07:00 WIB
loading...
5 Makanan Tinggi Protein yang Cocok untuk Diet, Bikin Kenyang Lebih Lama
Makanan tinggi protein bisa membuat kenyang lebih lama. Cocok untuk mereka yang lagi diet. Foto/ eatingwell.
A A A
JAKARTA - Makanan tinggi protein cocok untuk mereka yang tengah menjalani pola diet. Pasalnya, berdasarkan penelitian, protein adalah makanan yang bisa bikin kenyang lebih lama.

Selain itu, protein juga bisa memberikan rasa kenyang lebih lama hingga waktu makan berikutnya. Hal ini karena protein mengurangi tingkat hormon kelaparan ghrelin.

Dari banyaknya makanan protein, berikut ini 5 makanan tinggi protein bikin kenyang lebih lama yang dikutip dari Healthline, Senin (19/11/2023).


Makanan Tinggi Protein

1. Daging sapi

Daging sapi dapat memberikan efek yang kuat pada rasa kenyang. Makanan ini mendapat skor 176 pada indeks kenyang, yang merupakan makanan kaya protein tertinggi kedua setelah ikan. Meningkatkan asupan makanan kaya protein seperti daging bisa menjadi cara mudah untuk membantu mengatur nafsu makan.

2. Ikan

Ikan sarat dengan protein berkualitas tinggi. Ikan juga kaya akan asam lemak omega-3, yang merupakan lemak esensial yang harus diperoleh dari makanan. Menurut sebuah penelitian tahun 2008, asam lemak omega-3 dapat meningkatkan rasa kenyang pada orang yang kelebihan berat badan atau obesitas.

Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa protein dalam ikan mungkin memiliki efek lebih kuat terhadap rasa kenyang dibandingkan sumber protein lainnya.

Pada indeks kenyang, skor ikan lebih tinggi dibandingkan semua makanan kaya protein lainnya, termasuk telur dan daging sapi. Penelitian lain yang lebih tua membandingkan protein ikan, ayam, dan daging sapi. Para peneliti menemukan bahwa protein ikan memiliki efek paling kuat terhadap rasa kenyang.

3. Telur

Telur adalah sumber protein berkualitas tinggi. Telur berukuran besar mengandung sekitar 6 gram protein, termasuk sembilan asam amino esensial. Telur juga sangat mengenyangkan dan memiliki nilai indeks kenyang yang tinggi.

Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang mengonsumsi telur dan roti panggang untuk sarapan mengalami lebih sedikit rasa lapar dan makan lebih sedikit kalori pada waktu makan berikutnya dibandingkan mereka yang makan sereal dengan susu dan jus.


4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti buncis , kacang polong, lentil, dan kacang tanah memiliki nutrisi yang sangat luar biasa. Makanan ini kaya akan serat dan protein nabati, namun kepadatan energinya relatif rendah. Hal ini membuat kacang-kacangan sangat mengenyangkan.

5. Keju cottage

Dari berbagai keju yang ada di dunia, keju cottage merupakan salah satu yang dapat diandalkan untuk diet. Sebab, keju cottage rendah lemak dan karbohidrat, namun tinggi protein.

Kandungan proteinnya yang tinggi dapat membantu Anda merasa kenyang, meski mengonsumsi kalori yang relatif sedikit. Sebuah penelitian menemukan bahwa efek mengenyangkan keju cottage mirip dengan telur.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1377 seconds (0.1#10.140)