5 Makanan Ini Mampu Atasi Stres Akibat Kesepian, Salah Satunya Telur

Selasa, 21 November 2023 - 10:39 WIB
loading...
5 Makanan Ini Mampu Atasi Stres Akibat Kesepian, Salah Satunya Telur
Mengonsumsi makanan yang menenangkan atau comfort food dapat meningkatkan suasana hati seseorang. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa kesepian adalah masalah kesehatan masyarakat global. Masalah kesehatan ini cukup mengkhawatirkan, bahkan parahnya bisa sama dengan merokok 15 batang sehari.

Meski terdengar sepele, namun kesepian tak boleh dianggap remeh karena bisa berpotensi menjadi stres hingga gangguan kejiwaan lain. Untuk itu, perlu Anda pahami faktor risiko dan cara penanganannya.

Salah satu cara mudah ialah dengan mengonsumsi makanan yang bisa meningkatkan mood agar Anda tidak merasa kesepian hingga stres berlebih.



Dilansir dari Cosmopolitan, Selasa (21/11/2023), para peneliti di Universitas Buffalo baru-baru ini menemukan bahwa mengonsumsi makanan yang menenangkan atau comfort food dapat meningkatkan suasana hati seseorang. Secara khusus, comfort food dapat melawan kesepian dan membuat pemakannya merasa lebih terhubung dengan orang lain.

Berikut lima makanan yang mampu mengatasi stres akibat kesepian.

1. Ubi Jalar

Pertama ada ubi jalar. Tak cuma rasanya yang manis dan mengenyangkan, ubi juga termasuk makanan yang bisa menurunkan kadar stres.

Melansir Healthline, mengonsumsi sumber karbohidrat utuh yang kaya nutrisi seperti ubi jalar dapat membantu menurunkan kadar hormon stres kortisol. Selain itu, ubi jalar juga kaya nutrisi yang penting untuk respons stres, seperti vitamin C dan potasium.

2. Telur

Kemudian ada telur. Telur sering disebut multivitamin alami karena profil nutrisinya yang mengesankan. Telur utuh kaya akan vitamin, mineral, asam amino, dan antioksidan yang dibutuhkan untuk respons stres yang sehat.

Telur utuh juga kaya akan kolin, nutrisi yang ditemukan dalam jumlah besar hanya pada beberapa makanan. Kolin telah terbukti penting dalam kesehatan otak dan dapat melindungi dari stres.

3. Brokoli

Salah satu sayuran yang dapat menurunkan kadar stres ialah brokoli. Brokoli kaya akan sulforaphane, senyawa sulfur yang memiliki sifat pelindung saraf dan mungkin menawarkan efek menenangkan serta antidepresan.

Selain itu, 1 cangkir (184 gram) brokoli yang dimasak mengandung lebih dari 20% DV vitamin B6, asupan yang lebih tinggi dikaitkan dengan risiko kecemasan dan depresi yang lebih rendah pada wanita.


4. Kerang

Selanjutnya ada kerang. Kerang, termasuk remis, kerang, dan tiram, kaya akan asam amino seperti taurin, yang telah dipelajari karena potensi khasiatnya untuk meningkatkan suasana hati.

Kerang juga mengandung vitamin B12, seng, tembaga, mangan, dan selenium, yang semuanya dapat membantu meningkatkan mood. Sebuah penelitian pada 2.089 orang dewasa Jepang mengaitkan rendahnya asupan seng, tembaga, dan mangan dengan gejala depresi dan kecemasan.

5. Salmon

Satu lagi makanan yang bisa mengurangi stres yang diakibatkan karena kesepian ialah ikan salmon. Salmon kaya akan lemak omega-3 dan vitamin D, nutrisi yang terbukti membantu mengurangi tingkat stres sekaligus meningkatkan mood.

Omega-3 tidak hanya penting untuk kesehatan otak dan suasana hati, tetapi juga dapat membantu tubuh mengatasi stres. Vitamin D juga berperan penting dalam kesehatan mental dan regulasi stres.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1439 seconds (0.1#10.140)