5 Makanan yang Bikin Cepat Lapar, Awas Obesitas!

Rabu, 22 November 2023 - 08:30 WIB
loading...
5 Makanan yang Bikin Cepat Lapar, Awas Obesitas!
Kombinasi karbohidrat olahan yang tinggi, rendah serat, dan protein dapat mengacaukan kadar gula darah Anda, sehingga berkontribusi pada rasa lapar dan nafsu makan yang tak pernah terpuaskan. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Pernahkan Anda merasakan lapar walaupun sudah makan? Jika jawabannya 'ya', bisa jadi sebagian besar makanan yang Anda konsumsi mengandung karbohidrat olahan dan tinggi gula. Kandungan ini menandakan tubuh kekurangan protein dan serat yang mengenyangkan.

Kombinasi karbohidrat olahan yang tinggi, rendah serat, dan protein dapat mengacaukan kadar gula darah Anda, sehingga berkontribusi pada rasa lapar dan nafsu makan yang tak pernah terpuaskan. Jika rasa lapar ini dimanjakan terus-menerus, maka nantinya akan membuat tubuh menjadi obesitas.

Untuk itu, Destini Moody dan Lena Bakovic selaku ahli diet di Nutrition Coaching membuat daftar makanan yang bikin cepat lapar seperti berikut ini, yang dikutip Rabu (22/11/2023).


1. Kue Kering

Kue kering salah satu camilan yang sangat menarik perhatian kala sedang lapar. Kue ini cocok untuk disantap pagi, siang, sore, bahkan malam hari. Namun nyatanya makanan ini hanya memberi efek kenyang sementara pada tubuh Anda.

“Makanan yang dipanggang ini bagus untuk memuaskan selera Anda, tetapi tidak terlalu mengenyangkan perut karena cenderung kaya akan karbohidrat,” kata Moody.

"Tanpa cukup protein atau serat (yang cenderung kurang pada kue kering), camilan ini akan meningkatkan gula darah Anda, menyebabkan kembalinya penurunan gula darah segera setelahnya," tambah dia.

Sebagai pengganti, Moody menyarankan mengonsumsi kue kering dengan protein seperti telur rebus atau greek yogurt.

2. Croissant

Croissant kini menjadi makanan yang hits. Makanan ini sering sekali ditemui di kafe. Ukurannya yang terlihat besar, membuat croissant gampang memberi rasa kenyang saat dikonsumsi. Namun nyatanya, sebagian besar makanan ini terbuat dari tepung putih.

“Saat kita mengonsumsi karbohidrat sederhana dengan sedikit atau tanpa serat seperti croissant, kita mungkin melihat lonjakan gula darah yang tajam dan kemudian penurunan pada waktu berikutnya. Hal ini menyebabkan kita merasa lebih cepat lapar,” kata Bakovic.

3. Keripik Kentang

Keripik kentang salah satu camilan yang mudah kita jumpai. Makan segenggam keripik bisa dengan mudah membuat kita menginginkan lebih dan jauh lebih banyak lagi. Hal ini lantaran di dalamnya terdapat kandungan garam yang membuat ketagihan.

“Garam membuat hampir semua hal terasa lebih enak karena membuat Anda mengeluarkan air liur. Lebih banyak air liur berarti lebih banyak reseptor aktif di indera pengecap Anda, yang berarti lebih banyak rasa yang dalam," kata Moody.

Para ilmuwan berhipotesis bahwa manusia mendambakan garam karena kemungkinan garam memicu pelepasan dopamin, yaitu hormon yang memungkinkan kita merasakan kepuasan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1431 seconds (0.1#10.140)