Benarkah Minum Air Es saat Hamil Bikin Bayi Besar? Ini Faktanya

Kamis, 23 November 2023 - 07:00 WIB
loading...
Benarkah Minum Air Es saat Hamil Bikin Bayi Besar? Ini Faktanya
Banyak yang percaya minum air es saat hamil akan menyebabkan bayi besar. Akibatnya, sebagian orang menghindari minum air dingin demi keamanan dan kesehatan. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Banyak yang percaya minum air es saat hamil akan menyebabkan bayi besar. Akibatnya, sebagian orang menghindari minum air dingin saat mengandung demi keamanan dan kesehatan buah hatinya.

Namun, anggapan itu hanya mitos atau hoaks. Sebab, minum air es saat hamil tidak membuat bayi memiliki bobot tubuh yang besar.

Dokter Nadia Alaydrus mengatakan bahwa ibu hamil boleh minum air es. Ini karena sebagian ibu hamil ada yang mengalami mual setiap pagi dan bisa diatasi dengan minum air es.

“Minum air dingin atau air es itu sebenarnya boleh-boleh aja kok dikonsumsi oleh ibu yang lagi hamil,” kata Nadia dikutip dari Instagram pribadinya, Kamis (23/11/2023).



Benarkah Minum Air Es saat Hamil Bikin Bayi Besar? Ini Faktanya

Foto/Infografis SINDOnews

“Karena emang ada di beberapa bumil (ibu hamil) yang dia itu ngalamin morning sickness atau mual-mual nih tiap pagi dan biasanya itu cukup diredakan dengan minum air dingin atau air es,” sambungnya.

Meski boleh minum air es, bukan berati ibu hamil boleh mengonsumsi es campur, es sirup hingga es teh. Nadia menjelaskan bahwa minuman ini tidak direkomendasikan untuk ibu hamil.

Sebab meski rasanya enak dan manis, namun bisa menyebabkan ibu hamil berisiko tinggi mengalami diabetes gestasional. Kondisi ini pada akhirnya membuat bayi berukuran besar.

“Tapi nih, ada tapinya. Kalau minumnya itu es campur atau es boba, es sirup atau itu juga es teh, pokoknya yang manis-manis deh itu bisa menyebabkan ibu hamil berisiko mengalami yang namanya diabetes gestasional,” jelasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.5523 seconds (0.1#10.140)