Tampilkan Kisah Kasih Siti Nurbaya, Teater Anak Nusantara Berhasil Memukau Ribuan Penonton

Rabu, 22 November 2023 - 17:39 WIB
loading...
Tampilkan Kisah Kasih Siti Nurbaya, Teater Anak Nusantara Berhasil Memukau Ribuan Penonton
Teater Anak Nusantara (TERAS) berhasil memukau 1.300 penonton yang hadir di Gedung Kesenian Jakarta. (Foto: dok. Teater Anak Nusantara)
A A A
JAKARTA - Siapa yang tak tau Siti Nurbaya? Sebuah cerita yang sudah melegenda di kalangan masyarakat dengan tajuk kasih tak sampai yang diangkat dari Novel karya Marah Roesli. Kisah ini menceritakan tentang perjuangan cinta dua insan manusia yaitu Nurbaya dan Samsul dari tanah minang. Kisah Siti Nurbaya begitu melekat di seluruh lapisan masyarakat.

Pada 11 November 2023 lalu, Teater Anak Nusantara (TERAS) berhasil memukau 1.300 penonton yang hadir di Gedung Kesenian Jakarta. Pertunjukan teater musikal yang bertajuk “KISAH KASIH SITI NURBAYA” dipentaskan dalam 3 sesi pertunjukan, di antaranya pada pukul 10.00, 14.00 dan 19.00.

Pertunjukan teater ini mellibatkan lebih dari 100 orang pemain dari berbagai kalangan di antaranya pelajar SD, SMP, SMA, mahasiswa dan umum. Para pemain juga tidak hanya dari sekitaran Jakarta saja, tapi juga dari Depok, Tangerang hingga dari Bandung. Ka Onga, Penulis naskah yang juga merupakan Sutradara Kisah Kasih Siti Nurbaya menuturkan, “persiapan dimulai sejak Juni lalu, yang dimulai dari proses casting online, casting offline hingga proses latihan yang cukup Panjang”.

Pertunjukan Teater Musikal “Kisah Kasih Siti Nurbaya” terbagi dalam 6 adegan, yang setiap adegannya selalu memberikan warna tersendiri hingga mampu menghipnotis penonton dalam pertunjukan yang berdurasi kurang lebih 120 menit ini. Penonton dikejutkan dengan Adegan Siti Nurbaya yang berjalan mengenakan pakaian pernikahan khas minang ketika Samsul Bahri membaca surat dari Siti Nurbaya.

Tidak sampai di situ, penonton di buat larut dalam kesedihan ketika Siti Nurbaya dan Datuk Maringgih berjalan menuju pelaminan. Ketika ditanya beberapa penonton pun berpendapat bahwa mereka sangat terhibur dengan pertunjukannya, durasi 2 jam sangat tidak bosan karena perasaan dicampur aduk kadang lucu dan nanti sedih, hingga ada penonton yang menangis 3 kali selama pertunjukkan.

Teras menghadirkan pelaminan pernikahan khas Minang untuk menunjang pertunjukan. Menurut Ka Onga ini adalah pertunjukan termegah dari pertunjukan Teras sebelumnya. Pertunjukan Teater Musikal “Kisah Kasih Siti Nurbaya” merupakan produksi ke-10 sejakpertama kali membuat pertunjukan pada 2013 lalu.

Setiap pertunjukannya, TERAS selalu mengusung Cerita Rakyat Nusantara yang dikemas sedemikian rupa sehingga dapat menjadi sebuah tontonan dan hiburan untuk semua kalangan. Sebut saja Saudagar dari Pantai Air Manis yang diangkat dari cerita Malin Kundang, Romansa Sang Jawara kisah romansa Pitung dan Aisyah, Legenda Seribu Candi bercerita tentang Roro Jonggrang, hingga kisah Lutung Kasarung yang berjudul Hey Purbasari. Ka Onga berharap cerita cerita rakyat yang dibawakan oleh Teras dapat dipentaskan juga diluar Jakarta.
(irh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1789 seconds (0.1#10.140)