Oral Seks Saat Hamil Tingkatkan Risiko Bayi Terkena Herpes

Selasa, 21 November 2017 - 20:30 WIB
Oral Seks Saat Hamil Tingkatkan Risiko Bayi Terkena Herpes
Oral Seks Saat Hamil Tingkatkan Risiko Bayi Terkena Herpes
A A A
JAKARTA - Ada yang harus diperhatikan ibu hamil saat berhubungan seks. Salah satunya adalah tidak melakukan oral seks lantaran aktivitas seks ini bisa meningkatkan risiko penyakit infeksi menular seksual seperti gonore dan herpes.

Dilansir dari The Sun, para ahli pun menyarankan tidak melakukan aktivitas ini setidaknya sampai anak lahir. Pasalnya, daya tahan tubuh saat hamil lebih rendah dan bisa dengan mudah tertular berbagai macam penyakit. Risiko infeksi pun semakin besar jika ibu hamil dan pasangannya terkena herpes.

Penulis buku The Good News About The Bad News: Herpes: Everything You Need to Know mengatakan, jika seorang ibu hamil memiliki infeksi seks maka 50% bayi bisa mengidap infeksi yang sama saat dilahirkan. Proses infeksi pada bayi terjadi saat ia bergerak menuju jalan lahir melalui Miss V.

Bayi yang terlahir dengan virus herpes, disebut juga dengan herpes neonatal. Infeksi ini bisa menyebabkan lecet yang menyakitkan pada mata, mulut dan kulit. Kondisi ini pun semakin parah jika virus menyebar ke otak. Hampir sepertiga bayi dengan kondisi ini pun memiliki kehidupan yang mengancam hingga meninggal.

Meski sudah diobati dan melakukan beragam perawatan, namun hal ini akan sia-sia. Namun jika bayi terdeksi sejak dini, mereka akan sembuh dengan pengobatan antiviral. Bayi berisiko terkena herpes jika sang ibu mengidap herpes genital untuk pertama kalinya pada enam minggu sebelum kelahiran dan dilahirkan melalui persalinan normal.

Risiko akan lebih rendah jika ibu mengidap herpes genital atau flare-up suatu periode yang signifikan sebelum kehamilan. Herpes juga bisa membuat ibu hamil dua kali lipat berisiko melahirkan bayi dengan kondisi autisme. Oleh karena itu, para ahli menyerankan ibu hamil melakukan hubungan seks yang aman selama kehamilan.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8973 seconds (0.1#10.140)