Tips Bepergian dengan Kondisi Medis Kronis, Aman bagi Penderita Diabetes dan Jantung

Minggu, 26 November 2023 - 13:03 WIB
loading...
A A A
Miller juga menyarankan agar Anda membawa ringkasan catatan medis dengan kondisi kesehatan, perawatan dan pengobatan terkini, serta daftar nomor telepon dokter dan kontak darurat Anda.

Dia mengatakan Anda mungkin juga mempertimbangkan untuk memakai gelang medis, yang membantu petugas pertolongan pertama atau profesional kesehatan lainnya mengetahui kondisi medis Anda jika Anda tidak dapat berkomunikasi dengan mereka.

Kelola pengobatan

AHA menganjurkan agar Anda membawa daftar semua obat Anda, termasuk dosis dan informasi farmasi. Selain itu, pastikan obat-obatan Anda diberi label dengan jelas, dan Anda memiliki cukup obat untuk seluruh perjalanan Anda.

Jika obat Anda perlu disimpan di lemari es, rencanakan cara menjaganya tetap dingin saat bepergian dan di tempat tujuan, misalnya di hotel.

Saat mengemas obat-obatan Anda, Miller menyarankan untuk mengemas obat ekstra jika terjadi penundaan perjalanan, seperti cuaca buruk atau masalah penerbangan lainnya. Selain itu, pastikan obat Anda masih dapat digunakan.

“Saya punya pasien yang mengalami reaksi alergi saat dalam penerbangan… tapi pena epinefrinnya sudah habis masa berlakunya. Untungnya, ada seseorang di pesawat itu yang memiliki pena epinefrin yang bagus,” kata Miller.

“Jika bepergian ke negara lain, tanyakan ke kedutaan atau konsulat AS untuk mengetahui apakah ada pembatasan pengobatan di tempat tujuan Anda,” ujar Miller lagi.

Jika Anda memiliki peralatan medis khusus, Anda mungkin perlu menghubungi maskapai penerbangan atau perusahaan perjalanan lain untuk mengetahui bagaimana Anda dapat mengangkutnya dengan aman.

AHA juga merekomendasikan mengemas perangkat tekanan darah atau monitor glukosa jika menggunakannya secara teratur.

Jika Anda memiliki alat pacu jantung atau cardioverter-defibrillator (ICD) implan, Anda mungkin perlu menjalani pemeriksaan khusus di keamanan bandara.


Koordinasikan perawatan di tempat tujuan

“Sebelum Anda berangkat, pikirkan tentang perawatan medis yang mungkin Anda perlukan selama Anda pergi, terutama jika Anda akan pergi untuk sementara waktu,” kata Miller.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3407 seconds (0.1#10.140)