Bolehkah Minum Air Hangat Campur Madu Setiap Pagi?

Senin, 27 November 2023 - 08:38 WIB
loading...
Bolehkah Minum Air Hangat Campur Madu Setiap Pagi?
Banyak orang minum air hangat campur madu setiap pagi sebelum memulai hari. Minuman ini dipercaya bisa memberikan banyak manfaat kesehatan untuk tubuh. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Banyak orang minum air hangat campur madu setiap pagi sebelum memulai hari. Minuman ini dipercaya bisa memberikan banyak manfaat kesehatan untuk tubuh secara menyeluruh.

Terlebih, madu dan air putih sendiri dikenal menyimpan banyak manfaat kesehatan. Namun, menambahkan madu ke dalam air hangat yang mendidih diyakini bisa mengurangi keampuhannya.

Menurut para ahli, menambahkan madu ke dalam air hangat tidak mengurangi khasiatnya secara signifikan, namun disarankan untuk menjaga suhu air sekitar 37-43 derajat celsius untuk hasil terbaik. Menambahkan madu ke dalam air yang sangat panas dapat mengurangi beberapa enzim dan nutrisi bermanfaat dalam madu.

Bolehkah Minum Air Hangat Campur Madu Setiap Pagi?



Berikut beberapa tips sederhana yang perlu diingat saat mencampurkan madu ke dalam air hangat dilansir dari Times of India, Senin (27/11/2023).



Bolehkah Minum Air Hangat Campur Madu Setiap Pagi?

Foto/Infografis SINDOnews

1. Gunakan Air Hangat


Sebaiknya gunakan air hangat, bukan air panas. Air yang terlalu panas dapat merusak beberapa enzim dan nutrisi bermanfaat dalam madu. Usahakan untuk mendapatkan air yang bersuhu sekitar 37-43 derajat celsius.

2. Madu Mentah


Jika memungkinkan, pilihlah madu mentah. Madu mentah kurang diproses dan mempertahankan lebih banyak nutrisi dan enzim alami.

3. Kuantitas


Gunakan madu secukupnya. Meskipun madu merupakan pemanis alami, namun kandungan gulanya masih tinggi. Sehingga penting hindari menambahkannya dalam jumlah berlebihan.

4. Percampuran


Aduk madu dengan baik dalam air hangat untuk memastikan madu larut dengan baik.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1326 seconds (0.1#10.140)