Efek Samping Konsumsi Madu pada Gula Darah Penderita Diabetes

Minggu, 12 November 2023 - 07:00 WIB
loading...
Efek Samping Konsumsi Madu pada Gula Darah Penderita Diabetes
Jika digunakan dalam jumlah sedang, madu aman bagi penderita diabetes yang memiliki kadar gula darah (glukosa) terkontrol dengan baik dibandingkan gula pasir. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Jika digunakan dalam jumlah sedang, madu umumnya aman bagi penderita diabetes yang memiliki kadar gula darah (glukosa) terkontrol dengan baik. Dibandingkan gula pasir yang memiliki indeks glikemik 80, madu memiliki indeks glikemik 50 yang artinya tidak menyebabkan glukosa naik secepat gula putih.

Meski begitu, madu masih merupakan gula dan karbohidrat alami yang dapat meningkatkan kadar gula darah . Jadi, meski mungkin sedikit lebih aman dibandingkan gula putih bagi penderita diabetes , namun tetap tidak boleh dimakan terlalu sering atau berlebihan.

Dilansir dari Very Well Health, Minggu (12/11/2023) belum lagi, beberapa madu yang beredar di pasaran mengandung tambahan gula dan sebaiknya dihindari.

Sebuah penelitian mengamati efek glikemik madu dibandingkan glukosa pada penderita diabetes tipe 2, dengan mengukur kadar gula darah partisipan satu dan dua jam setelah konsumsi. Para peneliti menemukan bahwa dengan mengonsumsi madu, kadar gula darah mencapai puncaknya pada satu jam, diikuti dengan penurunan.



Efek Samping Konsumsi Madu pada Gula Darah Penderita Diabetes

Foto/Infografis SINDOnews

Dua jam setelah konsumsi madu, kadar gula darah lebih rendah dibandingkan satu jam pertama. Di sisi lain, kadar gula darah dengan konsumsi glukosa lebih tinggi dibandingkan dengan madu pada jam pertama dan terus meningkat bahkan pada jam kedua.

Karena madu menunjukkan puncak kadar gula darah yang lebih pendek, maka dapat disimpulkan bahwa madu memiliki efek glikemik yang lebih rendah dibandingkan glukosa. Namun, diperlukan lebih banyak penelitian untuk memverifikasi klaim ini.

Di sisi lain, tidak ada madu yang bebas gula. Ada madu yang mengandung tambahan gula, dan ada madu yang murni, mentah, dan tanpa filter. Namun, madu murni pun mengandung gula alami.

Meskipun madu murni memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dibandingkan gula putih, namun tetap dapat menyebabkan lonjakan kadar glukosa jika dikonsumsi terlalu banyak atau gula darah tidak terkontrol dengan baik.



Jika Anda menderita diabetes, memilih madu mentah yang tidak mengandung tambahan gula adalah cara yang tepat. Namun meski madu mentah tidak mengandung tambahan gula, tetap harus diperlakukan seperti gula meja dan dimakan secukupnya.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi madu dalam jumlah sedang memiliki beberapa manfaat bagi penderita diabetes. Seperti halnya meningkatkan insulin, menurunkan kolesterol, dan kaya antioksidan.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2495 seconds (0.1#10.140)