4 Manfaat Buah Durian untuk Kesehatan, Salah Satunya Turunkan Kolesterol Jahat

Senin, 27 November 2023 - 10:50 WIB
loading...
4 Manfaat Buah Durian untuk Kesehatan, Salah Satunya Turunkan Kolesterol Jahat
Durian ternyata memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh. Foto/iStock
A A A
JAKARTA - Durian merupakan salah satu buah khas Asia Tenggara atau daerah-daerah tropis lain, tak terkecuali Indonesia. Masyarakat Indonesia cukup gemar dengan buah satu ini.

Tak hanya rasanya yang lezat, durian ternyata memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh, dikutip dari laman PharmEasy, Senin (27/11/2023). Berikut ulasannya.

1. Durian sebagai Antioksidan

Durian kemungkinan memiliki sifat antioksidan karena adanya senyawa bioaktif seperti polifenol dan flavonoid. Durian mungkin menunjukkan potensi antioksidannya dengan menonaktifkan radikal bebas berbahaya.


2. Menurunkan Indeks Glikemik Makanan

Durian mungkin memiliki indeks glikemik yang rendah jika dibandingkan dengan buah tropis lain. Indeks glikemik adalah nilai untuk mengukur seberapa besar suatu makanan tertentu meningkatkan kadar gula darah.

Serat yang terdapat dalam durian dapat memperlambat pencernaan, memperlambat konversi karbohidrat menjadi glukosa, dan membantu menurunkan indeks glikemik makanan.

Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui pengaruh durian pada manusia. Anda harus berkonsultasi dengan dokter jika kadar gula tidak normal. Jangan mengobati sendiri.

3. Menurunkan Kolesterol

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus oleh Haurenkit et al. pada 2007 menunjukkan kemungkinan penurunan kadar kolesterol jahat dan low-density lipoprotein (LDL). Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui pengaruh durian pada manusia.

Namun, Anda harus memeriksa kadar kolesterol secara teratur dan menghubungi dokter jika kadar kolesterol Anda tinggi.

4. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Senyawa bioaktif seperti polifenol yang ada dalam durian mungkin bermanfaat untuk kanker karena kemampuannya meredakan stres oksidatif.

Selain itu, polifenol ini dapat menghambat pertumbuhan dan membunuh sel kanker. Sebuah studi menunjukkan bahwa durian mungkin menunjukkan efek anti-proliferasi (menghambat sel kanker payudara) karena adanya polifenol.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1433 seconds (0.1#10.140)