5 Bahaya Kelebihan Karbohidrat yang Bisa Sebabkan Masalah Kesehatan, Waspada!

Senin, 27 November 2023 - 13:31 WIB
loading...
5 Bahaya Kelebihan Karbohidrat yang Bisa Sebabkan Masalah Kesehatan, Waspada!
Karbohidrat dalam jumlah tinggi dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan. Foto/iStock
A A A
JAKARTA - Karbohidrat merupakan salah satu zat gizi yang diperlukan oleh tubuh. Karbohidrat bisa didapat dari nasi, roti, hingga kentang untuk dibakar menjadi energi.

Tubuh membutuhkan energi untuk pertumbuhan dan proses lain di dalam tubuh. Karbohidrat juga merupakan nutrisi yang diperlukan tubuh untuk mendapatkan energi. Namun, perlu Anda pahami bahwa kelebihan karbohidrat juga tak baik untuk tubuh. Karbohidrat dalam jumlah tinggi dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan.

Melansir laman Mayo Clinic, Senin (27/11/2023), dijelaskan bahwa jika Anda mendapat 2.000 kalori sehari, antara 900 dan 1.300 kalori harus berasal dari karbohidrat. Itu berarti konsumsi karbohidrat Anda antara 225 dan 325 gram per hari.



Sementara itu, Only My Health mengatakan, makanan kaya karbohidrat jenisnya antara lain makanan manis, nasi putih, roti putih, keripik kentang, hingga tepung olahan. Karenanya, makanan jenis tersebut perlu dikonsumsi secara bijak.

Lantas, apa bahaya kelebihan karbohidrat pada tubuh yang bisa menyebabkan masalah kesehatan? Berikut informasinya.

1. Metabolisme Rendah

Pertama ialah tingkat metabolisme yang rendah. Makan terlalu banyak karbohidrat dapat memperlambat laju metabolisme Anda. Tingkat metabolisme yang rendah bisa menyebabkan penambahan berat badan. Karena itu, penting untuk menjaga keseimbangan nutrisi dalam makanan Anda.

2. Gula Darah Tinggi

Dampak negatif lain dari terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat adalah peningkatan kadar gula darah. Untuk mempertahankan kadar tersebut, pankreas melepaskan insulin, yang mengakibatkan tingginya insulin dalam tubuh. Hal ini dapat menyebabkan kelebihan berat badan dan bahkan lebih mengidam gula.

3. Produksi Insulin Lebih Sedikit

Selain hiperinsulinemia, konsumsi makanan kaya karbohidrat dalam waktu lama juga dapat membuat pankreas melepaskan lebih sedikit insulin setelah jangka waktu tertentu. Hal ini bisa membuat seseorang rentan terkena diabetes, yang merupakan masalah kesehatan utama.


4. Peningkatan Kolesterol

Terlalu banyak karbohidrat juga dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Ini meningkatkan kolesterol jahat (trigliserida) dalam darah yang dapat menyebabkan penyakit jantung.

5. Masalah Kehamilan

Jika ibu hamil mengonsumsi karbohidrat dalam jumlah tinggi, kelebihan gula dapat berpindah dari plasenta ke bayi. Hal ini bisa menyebabkan makrosomia janin, yaitu bayi yang lebih besar atau diabetes tipe 1 pada bayi baru lahir.

Jika seorang wanita mengonsumsi banyak karbohidrat pada masa kehamilan ini, hal tersebut dapat menyebabkan kelelahan dan penambahan berat badan yang banyak. Bahkan, hal ini bisa menyebabkan penyakit diabetes yang diakibatkan oleh kehamilan (diabetes melitus gestasional).
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1960 seconds (0.1#10.140)