6 Kesalahan saat Keramas, Hindari Agar Rambut Tetap Sehat!

Rabu, 29 November 2023 - 05:50 WIB
loading...
6 Kesalahan saat Keramas, Hindari Agar Rambut Tetap Sehat!
Mencuci rambut atau keramas merupakan salah satu cara untuk membersihkan kepala dari debu. Namun, orang sering kali melakukan kesalahan dalam mencuci rambut. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Mencuci rambut atau keramas merupakan salah satu cara untuk membersihkan kepala dari debu, polusi, dan minyak. Hal itu mudah untuk dilakukan. Namun, sebenarnya banyak orang sering kali melakukan kesalahan dalam mencuci rambut.

Terkadang seseorang tidak meluangkan cukup waktu untuk menggosok kulit kepala, terkadang tidak membilas hingga bersih, dan terkadang menggunakan kondisioner yang salah.

Terkait masalah tersebut, penata rambut profesional Bianca Hillier dan Cassandra Olivia merangkum beberapa kesalahan keramas yang harus dihindari seperti berikut ini.


1. Tidak Membasahi Rambut secara Menyeluruh

Kesalahan pertama yakni ketika tidak membasahi rambut secara menyeluruh sebelum keramas.

"Basahi rambutmu sampai bersih. Berdirilah di bawah pancuran selama satu atau dua menit dan belah rambut Anda untuk memastikan air mencapai seluruh bagian kulit kepala dan rambut Anda," kata Olivia.

Setiap helai rambut harus basah kuyup untuk mendapatkan pembersihan menyeluruh. Jika rambut Anda sangat lebat, usaplah dengan jari untuk memeriksa kembali apakah air telah mengalir dari akar hingga ujung rambut Anda.

2. Menggunakan Terlalu Banyak Sampo

Orang-orang pada umumnya tidak tahu berapa banyak sampo yang harus digunakan saat mandi.

“Umumnya, orang mengatakan kepada saya bahwa mereka terus menambahkan lebih banyak sampo karena tidak mengeluarkan busa,” kata Hillier.

Sering kali, sampo bebas sulfat (alias sampo yang aman untuk warna) tidak berbusa dan dapat menipu Anda dengan berpikir bahwa sampo tersebut tidak membersihkan dengan benar. Orang akan terus menambahkan produk dengan harapan mendapatkan busa yang lebih baik.

Lalu, berapa banyak takaran sampo yang sebenarnya dibutuhkan untuk rambut?

Hillier mengatakan, untuk rambut pendek, bidiklah seukuran nikel. Untuk rambut sedang, bidik seperempatnya. Jika Anda memiliki rambut panjang, gunakan sekitar setengah ukuran dolar.

Adapun cara mengaplikasikan yang benar yakni dengan memeras sampo di telapak tangan terlebih dulu lalu aplikasikan pada rambut mulai dari ubun-ubun kepala.

3. Tidak Mencuci Rambut Sampai Kulit Kepala

Memulai dari kulit kepala sangatlah penting. Mulailah menggosok kepala selama tiga menit, baik rambut panjang maupun pendek. Cara ini mampu menghilangkan kotoran, sebum, dan penumpukan yang berkumpul di sana.


4. Menggunakan Sampo yang Salah

“Kesalahan terbesar yang dihadapi klien saat menggunakan sampo adalah tidak menggunakan produk yang tepat untuk jenis rambut spesifik mereka,” kata Hillier.

Dia merekomendasikan penggunaan produk yang cocok untuk semua jenis rambut yakni sampo bebas sulfat.

5. Tidak Membilas Sampo yang Menempel pada Rambut secara Menyeluruh

“Setelah Anda menyabuni seluruh rambut hingga ke bagian bawah, bilas sisa sampo dari tangan Anda,” kata Olivia.

"Bagilah rambut menjadi beberapa bagian dan mulailah membilas. Mulai dari kulit kepala dan turunkan ke bawah. Setelah Anda membilasnya, usap rambut Anda dengan tangan yang bersih untuk memastikan Anda tidak melewatkan satu pun sampo," lanjutnya.

Jika Anda terbiasa melewatkan bagian bilas saat mencuci rambut, Anda bisa merusak helai rambut Anda terutama karena sampolah yang dapat menyebabkan penumpukan pada rambut, bukan kondisioner.

6. Tidak Menggunakan Kondisioner

Melewatkan kondisioner memang bisa menghemat waktu, tetapi pada akhirnya rambut Anda akan menanggung akibat buruknya.

"Pilih kondisioner yang ditujukan untuk menambah kelembaban pada rambut yang dilengkapi dengan Kompleks Korektif CBD nabati yang mengembalikan hidrasi dan memperbaiki serat sekaligus meningkatkan bentuk, kelembutan, kilau, serta meningkatkan struktur ikal secara keseluruhan.

Kunci menggunakan kondisioner dengan hasil maksimal yakni dengan menghilangkan kelebihan air dari rambut sebelum Anda mengaplikasikan produk. Lalu, luangkan waktu Anda untuk mengaplikasikan kondisioner, pastikan untuk melapisi setiap helai rambut.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4748 seconds (0.1#10.140)