alexa snippet

Kemenkes Siapkan Imunisasi Difteri di 3 Provinsi

Kemenkes Siapkan Imunisasi Difteri di 3 Provinsi
Kemenkes telah mempersiapkan imunisasi difteri di 3 provinsi pada akhir 2017 ini. Foto/Ilustrasi/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Difteri yang mewabah di Indonesia mendapat perhatian serius. Terkait kondisi ini, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akan mengadakan outbreak reponse immunization (ORI) di tiga provinsi, yakni Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat pada akhir 2017.

"Saya mengumpulkan tiga provinsi untuk melakukan respon cepat terhadap kejadian kasus difteri di Indonesia. Pada saat ini sudah ada 20 provinsi yang melaporkan kasus. Dari 20 provinsi itu bukan satu provinsi semuanya terkena difteri tapi ada bebebrapa kabupaten/kota yang melaporkan KLB dan sebagiannya sudah tertangani dengan baik," kata Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Mohamad Subuh melalui keterangan pers yang diterima Sindonews.

Dipilihnya tiga provinsi tersebut karena potensi transmisi penyakit menular masih tinggi. Transmisi yang tinggi itu didorong oleh padatnya jumlah penduduk, jumlah dan tingginya mobilisasi. Selain itu ketiga provinsi tersebut juga tercatat memiliki kasus yang banyak dan dilaporkan usia dewasa juga terjangkit.

"Sasaran ORI usia 1 tahun sampai 19 tahun. Dalam pelaksanaanya, ORI menggunakan rumus 016. Artinya penyuntikan pertama ajan diulang pada bulan berikutnya dan diulang lagi pada 6 bulan berikutnya.
Kementerian Kesehatan telah melakukan studi epidemologi, respons terhadap diagnostik dan perawatan serta pemeriksaan laboratorium," jelasnya.

Sementara, tingkat penularan difteri sangat tinggi karena penularan bakteri terjadi melalui percikan ludah saat bersin atau batuk sehingga sangat mudah menular. Oleh karena itu, Subuh menekankan pentingnya ORI. Artinya, pemberian imunisasi ulang secara masal kepada seluruh wilayah terdapat kasus difteri.

"Putaran pertama dilaksanakan pada 11 Desember 2017 dilanjutkan pada 11 Januari dan 11 Juli 2018," pungkasnya.
(tdy)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top