Tingkatkan Pengetahuan Cara Mengolah Daging melalui Jakarta Butchers' Challenge

Kamis, 30 November 2023 - 15:04 WIB
loading...
Tingkatkan Pengetahuan Cara Mengolah Daging melalui Jakarta Butchers Challenge
PT Global Pratama Wijaya bersama Butchery Training Centre menggelar kompetisi Jakarta Butchers Challenge Season II di HeArt Space 2.0 - Graha APIC, Jakarta Pusat, 21 November 2023. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Butcher atau yang sering disebut sebagai "tukang daging" menjadi salah satu profesi yang cukup banyak dilirik orang, selain chef. Banyak upaya yang dilakukan dalam mendorong pertumbuhan profesi butcher di Tanah Air, salah satunya melalui kompetisi butcher.

Hal tersebut sebagaimana dilakukan PT Global Pratama Wijaya bersama Butchery Training Centre dengan menggelar kompetisi Jakarta Butchers Challenge Season II di HeArt Space 2.0 - Graha APIC, Jakarta Pusat, 21 November 2023.

Jakarta Butchers' Challenge Season II merupakan puncak acara dari program Meatcopedia tahun 2023 yang bertemakan "Red Meat Experts for Every Business". Kompetisi ini menampilkan para profesional terampil, bakat muda, hingga tingkat mahasiswa dan kejuruan serta membuktikan kekayaan bakat yang beragam dalam komunitas kuliner.



Ajang yang telah memasuki tahun kedua ini menjadi upaya berkelanjutan untuk menekankan peran krusial pemotongan daging dalam lanskap kuliner secara menyeluruh.

"Keterampilan butcher sangat dibutuhkan untuk meningkatkan pengetahuan cara mengolah daging agar dapat bernilai jual lebih tinggi karena dari peruntukkan penggunaannya yang sesuai, dihubungkan dengan nilai masakan yang memerlukan daging bagian tersebut," ungkap Course & Technical Director Butchery Training Centre Charlos Lalack melalui keterangan resminya di Jakarta, baru-baru ini.

"Ilmunya semakin meningkat tentunya bersamaan dengan semakin meningkatnya juga teknologi dan variasi dalam bidang kuliner," lanjut dia.

Dengan total hadiah senilai Rp32,5 juta, sebanyak 10 tim profesional dan 9 tim pelajar berkompetisi sangat selektif dan ketat dengan total penilaian 11 poin aspek oleh panel juri terkemuka, yakni Chef Gilles Marx (Chef Founder of Amuz Group & President Disciples Escoffier Indonesia), Chef Stefu Santoso (Executive Chef of Aprez Catering by Amuz Group), Chef Victor Taborda (Executive Chef of Sudestada Jakarta), dan Tri Wahyu Wahono selaku Professional Butcher dari Butchery Training Centre.

Jakarta Butchers' Challenge Season II juga menghadirkan nuansa baru dengan potongan daging yang tak biasa. Melalui dukungan sponsor utama, Angus Pure from Thomas Foods International, tim profesional ditantang mengolah potongan Chuck Eye Roll, dan tim pelajar menggunakan Rostbiff -bagian dari Rump.



Potongan Chuck Eye Roll menjadi bintang tahun ini, memperkenalkan karakter unik yang dapat mendorong kreativitas dalam seni kuliner, terutama melalui penggunaan secondary cuts. Jakarta Butchers' Challenge Season II bukan hanya kompetisi biasa, kompetisi ini berorientasi untuk meningkatkan apresiasi kualitas daging premium, pertunjukan seni, juga keterampilan para chef dan butcher dalam mengolah daging.

Pemenang Jakarta Butchers' Challenge Season II dari kategori tim profesional, di antaranya Steak Hotel by Holycow Bhadranaya Group, SILO Jakarta, dan Sudestada Jakarta sebagai pemenang pertama. Dari kategori tim pelajar, Akademi Tata Boga Bandung, Institut Pariwisata Trisakti Bintaro, dan Akademi Pariwisata NHI Bandung sebagai pemenang pertama.

"Kami juga mengumumkan dengan bangga pembentukan resmi Butchery Training Centre oleh PT Global Pratama Wijaya ini juga menjadi landasan dasar untuk memupuk minat seni butchery dan memberikan kontribusi nyata pada perkembangan keahlian kuliner," pungkas Managing Director PT Global Pratama Wijaya Dian Paramita.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2384 seconds (0.1#10.140)