6 Manfaat Tidur Siang untuk Orang Dewasa yang Jarang Diketahui

Senin, 04 Desember 2023 - 11:11 WIB
loading...
6 Manfaat Tidur Siang untuk Orang Dewasa yang Jarang Diketahui
Orang dewasa sangat membutuhkan tidur siang, yang punya manfaat atau dampak luar biasa bagi kondisi mood maupun kesehatan. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Tidur siang tak hanya diperlukan oleh bayi atau anak-anak. Orang dewasa pun sangat membutuhkan tidur siang, yang punya manfaat atau dampak luar biasa bagi kondisi mood maupun kesehatan.

Namun, padatnya jadwal aktivitas orang dewasa membuat mereka sulit mendapatkan waktu beristirahat, terlebih lagi untuk tidur siang. Padahal tidur siang memiliki berbagai manfaat yang bisa berpengaruh pada produktivitas dan hasil pekerjaan.

Lantas, apa saja manfaat tidur siang? Berikut informasinya, yang dilansir dari laman WebMD, Senin (4/12/2023).


1. Memperbaiki Suasana Hati

Jika Anda merasa sedih, cobalah tidur siang untuk memperbaiki atau meningkatkan semangat Anda. Tidur siang atau bahkan hanya beristirahat selama satu jam tanpa tertidur, dapat mencerahkan pikiran dan pandangan. Para ahli mengatakan, relaksasi yang berasal dari berbaring dan istirahat adalah penguat suasana hati, baik Anda tertidur ataupun tidak.

2. Tidur Siang Sebentar Beri Manfaat Besar

Tidur siang selama 10 menit juga bermanfaat. Meski demikian, cobalah pertahankan tidur siang hingga 30 menit atau kurang agar ketika Anda bangun, tidak ada perasaan lelah berlebih.

Rasa grogi yang bisa dirasakan setelah tidur siang disebut inersia tidur. Semakin lama seseorang tidur siang, semakin besar kemungkinan dirinya memiliki perasaan itu. Semakin buruk, semakin banyak waktu yang diperlukan untuk bangun dan kembali bekerja.

3. Meningkatkan Daya Ingat

Penelitian telah menunjukkan bahwa tidur memainkan peran penting dalam menyimpan ingatan. Tidur siang dapat membantu Anda mengingat hal-hal yang dipelajari di awal hari, sama halnya ketika tidur semalaman penuh. Tidur siang berfungsi untuk mencegah Anda melupakan hal-hal seperti keterampilan motorik, persepsi indera, dan ingatan verbal.


4. Lebih Baik daripada Kafein

Jika Anda merasa lelah tetapi harus bekerja atau belajar, Anda mungkin lebih baik untuk tidur siang sebentar daripada menyeruput kopi. Dibandingkan kafein, tidur siang dapat memberikan memori yang lebih baik.

5. Bagus untuk Jantung

Sebuah studi menemukan bahwa orang yang tidur siang selama 45 hingga 60 menit memiliki tekanan darah lebih rendah setelah mengalami tekanan mental. Jadi tidur siang dapat membantu tubuh pulih dari situasi penuh tekanan.

6. Membuat Lebih Kreatif

Pernah bangun dengan suatu ide bagus? Tidur REM atau Rapid Eye Movement Sleep yang biasanya dimulai 70 hingga 90 menit setelah Anda tertidur, mengaktifkan bagian otak yang terkait dengan perumpamaan dan mimpi.

Tidur siang dengan tidur REM dapat membantu Anda menggabungkan ide dengan cara baru untuk menghasilkan suatu ide atau mungkin jawaban.

Dalam keadaan tidur malam yang normal, tidur Rapid Eye Movement biasanya muncul sekitar 5 sampai 30 menit dan setiap 90 menit.

Durasi tidur REM sangat ditentukan oleh keadaan seseorang. Apabila seseorang sangat mengantuk, maka waktu tidur REM berjalan sangat singkat, bahkan tidak ada. Sebaliknya, apabila seseorang tidur dalam keadaan yang nyenyak, durasi tidur REM bisa makin lama.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2148 seconds (0.1#10.140)