5 Manfaat Daun Kelor yang Jarang Diketahui, Baik bagi Penderita Kolesterol

Selasa, 05 Desember 2023 - 05:00 WIB
loading...
5 Manfaat Daun Kelor yang Jarang Diketahui, Baik bagi Penderita Kolesterol
Daun kelor adalah tanaman kaya nutrisi yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Termasuk dalam mendukung penurunan berat badan, dan menurunkan kadar kolesterol. Foto/Istock Photo
A A A
JAKARTA - Daun kelor , juga dikenal sebagai moringa oleifera, adalah tanaman kaya nutrisi yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Termasuk dalam mendukung penurunan berat badan, dan menurunkan kadar kolesterol.

Meskipun penting untuk diingat bahwa tidak ada satupun makanan atau suplemen yang dapat menjamin penurunan berat badan, memasukkan kelor ke dalam pola makan seimbang dan gaya hidup sehat dapat berkontribusi pada kesehatan secara keseluruhan.

Daun kelor bisa dikonsumsi dengan cara membuat sup sederhana dari daun kelor atau menggorengnya dengan sedikit minyak, parutan kelapa, dan cabai hijau. Hanya perlu beberapa menit untuk menyiapkan resep sederhana dan lezat dari daun kelor. Pastikan Anda membuang batang kecil dari daunnya sebelum dimasak.

Manfaat Daun Kelor yang Jarang Diketahui



Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan potensial dari kelor dilansir dari Times of India, Selasa (5/12/2023).



1. Diet


Daun kelor kaya akan nutrisi, termasuk vitamin (A, C, dan E), mineral (kalsium, kalium, dan zat besi), dan asam amino esensial. Kepadatan nutrisi ini menjadikannya tambahan yang berharga untuk diet lengkap. Kelor kaya akan antioksidan, seperti quercetin, asam klorogenat, dan beta-karoten. Antioksidan membantu menetralkan radikal bebas dalam tubuh, mengurangi stres oksidatif dan peradangan.

2. Menyehatkan Usus


Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kelor dapat membantu meningkatkan laju metabolisme, yang dapat berkontribusi pada pengelolaan berat badan. Tingkat metabolisme yang lebih tinggi berarti tubuh membakar kalori lebih efisien. Kandungan serat pada daun kelor dapat berkontribusi terhadap rasa kenyang.

Makanan tinggi serat dapat membantu mengendalikan nafsu makan sehingga mengurangi kemungkinan makan berlebihan. Kelor mengandung senyawa dengan sifat anti inflamasi dan antibakteri yang dapat mendukung kesehatan sistem pencernaan. Saluran pencernaan yang berfungsi dengan baik sangat penting untuk penyerapan nutrisi dan kesehatan secara keseluruhan.

5 Manfaat Daun Kelor yang Jarang Diketahui, Baik bagi Penderita Kolesterol

Foto/Infografis SINDOnews
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1434 seconds (0.1#10.140)