4 Penyakit yang Sering Muncul saat Musim Hujan dan Cara Mencegahnya

Selasa, 05 Desember 2023 - 15:14 WIB
loading...
4 Penyakit yang Sering Muncul saat Musim Hujan dan Cara Mencegahnya
Penyakit yang sering muncul saat musim hujan penting untuk diwaspadai. Sebab, banyak orang tidak menyadarinya sampai berdampak serius pada kesehatan. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Penyakit yang sering muncul saat musim hujan penting untuk diwaspadai. Sebab, banyak orang tidak menyadarinya sampai penyakit tersebut berdampak serius pada kesehatan.

Umumnya penyakit musim hujan disebabkan oleh pertumbuhan virus dan bakteri yang berkembang dengan cepat. Udara lembab saat hujan juga menyebabkan terjadinya penyebaran virus dan bakteri melalui udara.

Karena itu, banyak orang mudah sakit saat musim hujan karena infeksi. Penyakit yang paling umum berhubungan dengan sistem pernapasan dan penyakit yang ditularkan melalui air serta makanan tidak dapat diabaikan.

Penyakit yang Sering Muncul saat Musim Hujan



Berikut penyakit yang sering muncul saat musim hujan dirangkum dari situs resmi Kementerian Kesehatan, Selasa (5/12/2023).



1. Influenza


Udara yang dingin bisa memicu berbagai penyakit seperti flu. Meski sering dianggap sepele, penyakit ini juga dapat menghambat aktivitas dan mudah menularkan pada orang sekitar.

Beberapa gejala yang umumnya ditimbulkan yaitu rasa tidak enak badan, demam, pegal linu, lemas, bersin-bersin dan rasa nyeri pada otot-otot dan sendi.

Beberapa cara untuk mencegahnya bisa dengan istirahat yang cukup, mengonsumsi makanan yang bernutrisi tinggi. Penting juga untuk mencuci tangan serta menggunakan masker.

2. Demam Berdarah


Musim hujan kerap kali memunculkan genangan-genangan air yang dapat menjadi tempat untuk nyamuk aedes aegypti berkembang biak. Gigitan nyamuk tersebut dapat menyebabkan penyakit demam berdarah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1331 seconds (0.1#10.140)