Posisi BAB Paling Sehat Jadi Perdebatan, Jongkok atau Duduk?

Sabtu, 09 Desember 2023 - 04:58 WIB
loading...
Posisi BAB Paling Sehat Jadi Perdebatan, Jongkok atau Duduk?
BAB secara teratur menjadi salah satu kunci menjaga kesehatan. Namun, ada perdebatan soal posisi buang air besar. Foto/ freepik.
A A A
JAKARTA - Buang air besar (BAB) secara teratur menjadi salah satu kunci untuk menjaga kesehatan, utamanya bagian pencernaan. Namun di sisi lain, ada perdebatan soal posisi saat buang air besar.

Sebagian menganggap toilet duduk lebih sehat banyak dipilih masyarakat dibanding toilet jongkok. Demikian sebaliknya.



Namun perlu diketahui, BAB posisi jongkok ternyata lebih sehat. Digital Content Creator bidang kesehatan, dr Farhan Zubedi menjelaskan BAB posisi jongkok lebih baik dari pada duduk.

Posisi jongkokm bisa mengurangi risiko sulit buang air besar dan wasir. Dr Farhan Zubedi pun mengungkap alasannya.

"Karena pas jongkok rektum kita, yaitu tempat di mana pup disimpan sebelum dikeluarkan itu akan lebih lurus. Jadi nggak perlu terlalu ngeden dan pup-nya juga bisa keluar lebih lancar," ujar dr Farhan Zubedi sebuah video TikTok @farhanzubedi, Jumat (8/12/2023).

Sementara, dr Farhan menjelaskan lebih lanjut, ketika duduk otot puborectalis-nya akan sedikit ketarik dan membuat rektum menjadi belok sehingga akan lebih susah BAB keluar.



Lantas, bagaimana bila di rumah atau tempat umum adanya toilet duduk? Dokter Farhan mengatakan hal itu bisa diatasi dengan menggunakan squad stool.

"Jadi posisinya akan mirip pas kita jongkok, ototnya lebih rileks, rektumnya lebih lurus, dan pupnya lebih mudah keluar," ujarnya.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1581 seconds (0.1#10.140)