5 Cara Menghilangkan Jerawat di Dagu, Terbukti Efektif

Sabtu, 09 Desember 2023 - 23:32 WIB
loading...
5 Cara Menghilangkan Jerawat di Dagu, Terbukti Efektif
Cara menghilangkan jerawat di dagu relatif mudah. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Cara menghilangkan jerawat di dagu relatif mudah. Meski kondisi ini tidak berbahaya, namun harus diatasi karena berpotensi menurunkan rasa percaya diri penderitanya.

Jerawat umumnya terjadi saat pori-pori kulit tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. Selain itu, kemunculan jerawat juga dipengaruhi oleh adanya bakteri P. Acnes, perubahan hormon pada wanita, ataupun jarang melakukan eksfoliasi.

Lantas, bila jerawat sudah terlanjur muncul di dagu, bagaimana cara menghilangkannya? Berikut beberapa tips yang dirangkum dari laman Klikdokter, Sabtu (9/12/2023).


Cara Menghilangkan Jerawat di Dagu

1. Rajin Membersihkan Wajah

Cara pertama tentu saja rajin membersihkan wajah dengan dicuci dua kali sehari menggunakan pembersih yang lembut sehingga dapat membantu meringankan masalah kulit wajah. Pilih produk pencuci wajah yang sesuai dengan kondisi kulit wajah Anda.

2. Pilih Produk Perawatan yang Tepat

Pilihlah produk perawatan wajah yang terbukti bisa mengurangi jerawat seperti retinoid, asam salisilat, benzol peroksida, dan asam azelat. Retinoid bisa membantu menghilangkan komedo, baik komedo putih maupun hitam. Sementara asam salisilat dan benzoil peroksida untuk menghilangkan jerawat yang berisi nanah.

3. Kurangi Konsumsi Susu

Jerawat di dagu dapat dikaitkan dengan produksi hormon. Sementara susu bisa merangsang produksi hormon testosteron berlebih yang memicu munculnya jerawat. Selain itu, susu juga mengandung estrogen yaitu hormon alamiah yang dibawanya.


4. Konsumsi Obat Oral Sesuai Petunjuk Dokter

Anda boleh mempertimbangkan untuk melakukan konsultasi dengan dokter terkait penggunaan obat oral guna menghilangkan jerawat di dagu.

5. Terapi Laser

Cara terakhir adalah melakukan terapi laser. Terapi laser dan cahaya dapat membantu mengurangi jumlah bakteri penyebab jerawat di kulit. Biasanya terapi laser untuk menghilangkan jerawat akan berlangsung selama beberapa sesi sampai jerawat benar-benar hilang.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1318 seconds (0.1#10.140)