5 Kuliner Indonesia Berbahan Dasar Mi yang Wajib Dicoba

Senin, 11 Desember 2023 - 14:31 WIB
loading...
A A A
Mi Aceh menjadi ikon kuliner mi yang paling terkenal. Ada beberapa varian mi aceh yang mudah ditemui, yakni mi Aceh goreng, tumis, dan nyemek. Makanan khas Aceh ini terkenal dengan bumbu pedas dan rasanya yang sedap di lidah.

Tak mengherankan, sebab mi aceh terbuat dari mi kuning yang ditumis dengan berbagai rempah dan irisan campuran cumi, udang, daging sapi, bahkan kepiting. Dalam satu porsi mi Aceh, dihidangkan juga emping, bawang goreng, perasan jeruk nipis, acar, dan taburan kacang goreng. Perpaduan rasa pedas, gurih, dan asam menyatu sempurna di lidah.



3. Mi Tarempa

5 Kuliner Indonesia Berbahan Dasar Mi yang Wajib Dicoba

Foto/Endeustv

Mi Tarempa berasal dari Kepulauan Riau. Tepatnya berada di kawasan Tarempa, Kabupaten Anambas. Walau begitu, mi ini juga mudah ditemukan di Batam dan Tanjung Pinang.

Sekilas, mi Tarempa mirip mi Aceh. Perbedaannya terletak pada jenis mi yang digunakan. Mi tarempa terbuat dari kwetiau yang digoreng dengan bumbu rempah. Saat matang, mi tarempa akan ditaburkan suwiran ikan tongkol, tauge, dan telur, sehingga memberi cita rasa yang unik.

4. Mi Kocok

5 Kuliner Indonesia Berbahan Dasar Mi yang Wajib Dicoba

Foto/Endeustv

Disebut mi kocok, karena saat merebus mi, juru masak akan masukkan mi ke dalam wadah berlubang, kemudian mi dikocok-kocok hingga matang. Saat disajikan, mi kocok juga akan diberikan topping lainnya.

Mulai dari kikil sapi, bakso, tauge, taburan bawang goreng dan seledri, kemudian disiram kuah bening yang terbuat dari kaldu sapi. Mi kocok juga tidak kalah nikmat dimakan dengan kerupuk emping yang gurih dan bercita rasa sedikit pahit.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2156 seconds (0.1#10.140)