5 Kuliner Indonesia Berbahan Dasar Mi yang Wajib Dicoba

Senin, 11 Desember 2023 - 14:31 WIB
loading...
5 Kuliner Indonesia Berbahan Dasar Mi yang Wajib Dicoba
Kuliner Indonesia berbahan dasar mi sangat beragam. Selain mi ayam, daerah-daerah di Indonesia ternyata memiliki banyak makanan yang terbuat dari mi. Foto/Endeustv
A A A
JAKARTA - Kuliner Indonesia berbahan dasar mi sangat beragam. Selain mi ayam, daerah-daerah di Indonesia ternyata memiliki banyak makanan yang terbuat dari mi.

Kuliner Indonesia berbahan dasar mi ini pun menjadi makanan khas yang wajib dicicipi. Sebab, sajian tersebut memiliki cita rasa yang khas, dan unik dari olahan lainnya.

Selain itu, cara membuat hingga penyajian kuliner mi ini sangat berbeda-beda. Mulai dari kuah bening, kental, hingga digoreng yang mana beberapa di antaranya ada yang masih dibuat secara tradisional. Tertarik untuk mencobanya?

Kuliner Indonesia Berbahan Dasar Mi yang Wajib Dicoba



Berikut kuliner Indonesia berbahan dasar mi yang wajib dicoba dirangkum dari berbagai sumber, Senin (11/12/2023).



1. Mi Lethek

5 Kuliner Indonesia Berbahan Dasar Mi yang Wajib Dicoba

Foto/Endeustv

Kuliner mi yang pertama adalah mi lethek atau letheg. Berasal dari Srandakan, Bantul, Yogyakarta, mi satu ini terbuat dari bahan dasar tepung gaplek atau singkong kering yang dihaluskan, dan pembuatannya masih sangat tradisional.

Dinamakan lethek karena warna mi yang kusam kecoklatan. Sebab tidak menggunakan pewarna dan pengawet. Mi lethek memiliki tekstur mirip bihun, dan biasa disajikan dengan cara digoreng maupun berkuah. Saat diolah, mi lethek akan ditambahkan kuah kaldu ayam, telur, suwiran ayam, potongan kol dan tomat yang segar.

2. Mi Aceh

5 Kuliner Indonesia Berbahan Dasar Mi yang Wajib Dicoba

Foto/Endeustv
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2087 seconds (0.1#10.140)