Campak Bisa Sebabkan Gizi Buruk

Minggu, 21 Januari 2018 - 05:07 WIB
Campak Bisa Sebabkan Gizi Buruk
Campak Bisa Sebabkan Gizi Buruk
A A A
JAKARTA - Penyakit gizi buruk di Papua ditetapkan menjadi kejadian luar biasa (KLB) oleh Kementerian Kesahatan lantaran telah merenggut beberapa nyawa.

Dokter Spesialis Gizi Klinik Dr Samuel Oetoro mengatakan masalah gizi buruk yang terjadi di Papua diawali penyakit campak.

Sementara, penanganan campak yang tidak tepat dengan tidak mengkonsumis beberapa gizi seimbang akan berdampak pada gizi buruk.

"Saat mereka terkena campak, tapi enggak mengkonsumsi makanan yang bergizi dan seimbang maka akan berdampak pada gizi buruk dan kalau gizi buruknya parah, ya bisa sebabkan kematian," kata Dr Samuel di Jakarta.

Para penderita campak di Papua pun harus lebih memerhatikan beberapa makanan yang dikonsumsi agar tidak menyebabkan gizi buruk. Mereka juga harus segera berobat ke rumah sakit ataupun melakukan vaksin lebih dulu agar terhindar dari campak.

"Jadi kalau mau sembuh langsung segera berobat dan ikuti ajuran pemerintah untuk makanan yang sehat dan bergizi dengan protein lengkap, lemak dan vitamin serta karbohidrat biar enggak menyebabkan beberapa penyakit lainnya, " tukasnya.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4034 seconds (0.1#10.140)