6 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan Rambut, Terbukti Efektif

Rabu, 13 Desember 2023 - 09:03 WIB
loading...
6 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan Rambut, Terbukti Efektif
Bawang putih nyatanya bermanfaat untuk menyehatkan rambut. Foto/iStock
A A A
JAKARTA - Bawang putih merupakan rempah-rempah yang biasa digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk membuat berbagai makanan. Dengan menambahkan bawang putih, beberapa masakan jadi terasa lezat. Namun, di balik itu, bawang putih nyatanya bermanfaat untuk menyehatkan rambut juga! Hal ini masih jarang sekali diketahui oleh orang-orang.

Bawang putih merupakan salah satu obat herbal terlaris yang telah digunakan selama berabad-abad untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Rempah ini memiliki kandungan antara lain senyawa yang mengandung sulfur seperti alliin, enzim seperti alliinase, selenium, dan flavonoid yang dapat bermanfaat bagi manusia, termasuk untuk kesehatan rambut.

Manfaat bawang putih untuk rambut dapat dirasakan dengan berbagai cara, mulai dari menggunakannya mentah, ekstrak bawang putih, atau bubuk. Semuanya berpotensi untuk memberikan kesehatan rambut.



Lantas, apa saja manfaat bawang putih untuk kesehatan rambut? Simak informasi dari Pinkvilla berikut ini, yang dirangkum pada Rabu (13/12/2023).

1. Memiliki Sifat Antimikroba

Bawang putih mengandung komponen yang telah menunjukkan sifat antivirus dan antijamur. Ini membuatnya sangat berguna untuk mengatasi masalah kulit kepala yang disebabkan oleh infeksi virus atau jamur.

2. Kurangi Ketombe dan Stimulasi Pertumbuhan Rambut

Ketika bubuk bawang putih dioleskan ke kulit kepala, itu dapat meningkatkan perfusi kulit, yang berarti meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala. Aliran darah yang ditingkatkan ini serta sifat antijamurnya berpotensi menyebabkan pertumbuhan rambut yang lebih baik serta membantu mengurangi ketombe.

3. Meningkatkan Produksi Keratin

Sulfur adalah elemen penting dalam produksi keratin, protein yang terdiri dari sebagian besar struktur rambut Anda. Ini juga memainkan peran penting dalam siklus pertumbuhan rambut. Dengan demikian memiliki cukup belerang dapat membantu menjaga kesehatan rambut.


4. Mengurangi Kerontokan Rambut

Dihidrotestosteron (DHT) diyakini berkontribusi terhadap kerontokan rambut androgenik, sering dikaitkan dengan faktor genetik. Bawang putih mungkin secara alami menghambat efek DHT, yang berpotensi memperlambat kerontokan rambut dan bahkan mengobati alopecia.

5. Berikan Perlindungan Rambut dari Sinar Matahari

Sebuah studi dari tahun 2016 menunjukkan bahwa antioksidan dalam bawang putih memiliki potensi untuk melindungi rambut dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar ultraviolet (UV), memberikan efek perlindungan saat terkena sinar matahari.

6. Merangsang Pertumbuhan Rambut

Bawang putih mentah adalah sumber vitamin C yang dikenal karena dampak positifnya pada kesehatan rambut. Vitamin C berperan dalam merangsang pertumbuhan rambut dan juga meningkatkan produksi kolagen, faktor penting untuk rambut sehat.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2367 seconds (0.1#10.140)