Berapa Cangkir Kopi yang Baiknya Anda Minum Sehari?

Minggu, 09 Agustus 2020 - 18:33 WIB
loading...
Berapa Cangkir Kopi yang Baiknya Anda Minum Sehari?
Meski minum kopi tampaknya bermanfaat dan membuat Anda merasa senang saat menikmatinya, Anda tidak pernah benar-benar tahu bahwa minum kopi bisa merugikan. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Bagi banyak orang, kopi itu penting. Misalnya saat sibuk, banyak dari kita mungkin beralih menikmati kopi sejenak untuk mengisi ulang tubuh dan menjalani aktivitas. Namun, meski minum kopi tampaknya bermanfaat, Anda tidak pernah benar-benar tahu kapan minum kopi mulai merugikan.

Kopi , dengan beragam manfaat, pada akhirnya tidak kurang dari membuat Anda ketagihan. Tapi, itu bergantung pada bagaimana Anda meminumnya.

Kopi bisa menjadi minuman nol kalori, tetapi pada akhirnya, itu bukan nutrisi yang Anda dapatkan saat menikmatinya. Kelebihan kafein, dalam bentuk apapun dapat menyebabkan masalah, seperti insomnia, peningkatan tekanan darah, kecemasan, jantung berdebar, masalah pencernaan, kelelahan, dan yang paling penting, menyebabkan kecanduan. Karenanya, penting bagi Anda untuk membatasi kebiasaan minum kopi dan menjaganya tetap terkendali.

Lalu, berapa cangkir minum kopi dalam sehari? Seperti dilansir Times of India, kandungan kafein dapat mengkhawatirkan, secangkir kopi rata-rata dapat memiliki antara 40 miligram hingga 400 miligram kafein. (Baca juga: 4 Kalimat Berkesan Drama “It’s Okay to Not Be Okay” ).

Sangat mungkin bahwa kebanyakan dari kita, secara rata-rata mengonsumsi hingga 100 mg kafein sepanjang hari. Namun, 400 mg adalah jumlah maksimum yang secara teknis bisa dikonsumsi orang. Apapun yang lebih dari itu dapat berpotensi merusak tubuh dan itulah yang oleh para ahli disebut 'terlalu banyak'.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Americal Journal of Clinical Nutrition telah meneliti orang yang minum lebih dari enam cangkir kopi sehari hingga 22% lebih mungkin menjadi mangsa penyakit kardiovaskular dan perkembangan dibandingkan dengan mereka yang mengaku meminum satu atau dua cangkir kopi sehari.

Klaim ini tidak tergantung pada bagaimana tingkat metabolisme seseorang. 400 mg konsumsi kafein, meskipun kopi sama ditemukan dalam sekitar 10 kaleng minuman kola atau minuman bersoda atau 2 minuman energi. Pikirkan asupan kopi Anda dengan cara ini dan Anda akan menyadari bahaya minum begitu banyak kopi dalam sehari.

Dalam penelitian juga menyebut, membiasakan minum kopi lebih banyak daripada yang dianggap oke juga dapat menyebabkan gangguan saraf dan kejang.

Untuk wanita hamil, meskipun mengonsumsi segala bentuk kafein dianggap tidak boleh dilakukan, jumlah rata-rata harus lebih rendah dari 300 mg. Lebih dari 250-300 mg telah dikaitkan dengan peningkatan kemungkinan keguguran, kehilangan energi, dan peningkatan detak jantung.

Apakah kopi buruk?
Tidak persis. Tidak seperti yang diyakini dan disebarkan secara luas, kopi bukanlah hal terburuk yang Anda minum. Penelitian telah menunjukkan bahwa kafein mengandung beberapa anti-oksidan yang kaya yang dapat mengurangi rasa sakit, menekan pembuluh darah yang meradang, membantu Anda hidup lebih lama - selama Anda mendapat porsi yang cukup setiap hari. Jadi, yang terbaik adalah Anda mengetahui apa yang terbaik untuk tubuh Anda dan mengikuti pola makan yang sesuai.

Jika Anda berusaha mengurangi meminum kopi agar tidak menjadi kebiasaan, ada banyak alternatif yang dapat memberi tubuh Anda tingkat energi yang sama, tanpa kafein. Minuman fermentasi seperti kombucha, teh hijau, air panas dengan lemon dan madu, minuman cuka sari apel atau bahkan chai dapat membantu. Jus buah, buah mentah atau hanya air yang melembabkan juga bisa sangat membantu.

Entah Anda meminumnya di pagi hari, setelah makan siang, atau ketika Anda memiliki tenggat waktu di hari-hari sibuk, minuman yang harus Anda konsumsi adalah yang mengandung nutrisi tambahan yang bermanfaat bagi dan tidak menguras tubuh.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1257 seconds (0.1#10.140)