Makna Filosofis Kemeja 'Sat Set' Ganjar Pranowo yang Dipakai dalam Debat Pilpres Perdana

Rabu, 13 Desember 2023 - 12:38 WIB
loading...
Makna Filosofis Kemeja Sat Set Ganjar Pranowo yang Dipakai dalam Debat Pilpres Perdana
Ganjar Pranowo memilih mengenakan kemeja putih bertuliskan Sat Set dengan tinta hitam dalam debat Pilpres Selasa (12/12/2023) malam. Foto/Dok MPI
A A A
JAKARTA - Calon Presiden Ganjar Pranowo tampil ciamik dalam debat Pilpres perdana yang digelar Selasa (12/12/2023) malam. Ia cukup lugas dan tegas menyampaikan gagasannya di depan umum.

Selain itu, hal yang tidak kalah menarik adalah penampilan Ganjar dalam acara debat tersebut. Ia memilih mengenakan kemeja putih bertuliskan 'Sat Set' dengan tinta hitam.

Tidak sembarangan, tulisan tersebut ternyata mengandung makna filosofis yang patut diapresiasi. Makna itu ditangkap oleh Psikolog Poppy Amalya.



"Pakaian pasangan nomor urut 3 (Ganjar-Mahfud) ini niat banget dipersiapkan. Ada tulisan 'Sat Set' yang dalam bahasa Jawa artinya gesit, dan 'Tas Tes' artinya cekatan," kata Poppy dalam tayangan iNews, dikutip Rabu (13/12/2023).

Dari tulisan tersebut, lanjut Poppy, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD ingin merepresentasikan sebuah informasi bahwa mereka adalah percepatan. Konsep ini yang memang ditonjolkan oleh paslon nomor 3 itu.

Lalu, bagaimana dengan warna hitam dan putih?

Ya, Ganjar dan Mahfud datang ke Kantor KPU di Jakarta Pusat mengenakan kemeja putih yang dipasangkan dengan celana hitam. Warna hitam putih ini menurut Poppy juga ada maknanya.

"Warna hitam dan putih menurut asumsi saya itu mengartikan ketegasan," kata dia.

Di sesi debat capres pun Ganjar sempat memberi pernyataan bahwa pihaknya tidak pernah abu-abu. Ini membenarkan penilaian Poppy terkait warna hitam putih tersebut.

"Berulang kali juga pada saat diskusi, (Ganjar) menyatakan ketegasan, afirmasi, ketegasan. Itu terus yang ditampilkan," ungkapnya.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2006 seconds (0.1#10.140)