Gejala dan Cara Mengatasi Kecanduan Makanan, Picu Obesitas hingga Diabetes

Minggu, 17 Desember 2023 - 04:47 WIB
loading...
A A A
Gejala utama kecanduan makanan termasuk mengidam dan mengonsumsi makanan tidak sehat secara berlebihan tanpa merasa lapar dan ketidakmampuan menahan keinginan untuk mengonsumsi makanan tersebut.

Ini adalah masalah yang serius
Meskipun istilah kecanduan sering kali disepelekan, kecanduan sebenarnya adalah kondisi serius yang biasanya memerlukan pengobatan untuk mengatasinya.

Gejala dan proses berpikir yang terkait dengan kecanduan makanan. Hanya saja substansinya berbeda, dan dampak sosialnya mungkin tidak terlalu parah.mirip dengan penyalahgunaan narkoba

Kecanduan makanan dapat menyebabkan kerusakan fisik dan menyebabkan kondisi kesehatan kronis seperti obesitas dan diabetes tipe 2.

Selain itu, hal ini dapat berdampak negatif pada harga diri dan citra diri seseorang, sehingga membuat mereka tidak bahagia dengan tubuhnya.

Seperti halnya kecanduan lainnya, kecanduan makanan dapat menimbulkan dampak emosional dan meningkatkan risiko kematian dini pada seseorang.

Untuk mengatasi kecanduan makanan, seseorang harus yakin bahwa menghilangkan makanan tertentu adalah hal yang benar untuk dilakukan. Jika terdapat ketidakpastian, menuliskan pro dan kontra dapat membantu mengambil keputusan.

Langkah pertama dalam mengatasi kecanduan makanan
Beberapa hal dapat membantu mempersiapkan diri untuk berhenti mengonsumsi junk food dan mempermudah transisi:

Makanan pemicu
Tuliskan daftar makanan yang menyebabkan ngidam dan atau makan berlebihan. Inilah makanan pemicu yang harus dihindari sepenuhnya.

Tempat makan cepat saji
Buatlah daftar tempat makan cepat saji yang menyajikan makanan sehat dan catat pilihan yang sehat. Hal ini dapat mencegah kambuhnya penyakit saat lapar dan tidak mood untuk memasak.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2426 seconds (0.1#10.140)