10 Obat Flu Alami untuk Dewasa yang Cepat Redakan Gejala

Selasa, 19 Desember 2023 - 08:40 WIB
loading...
10 Obat Flu Alami untuk Dewasa yang Cepat Redakan Gejala
Obat flu alami untuk dewasa bisa ditemukan dengan mudah. Terkena flu dapat menyebabkan gejala seperti demam, kelelahan, atau menggigil yang dapat mengganggu. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Obat flu alami untuk dewasa bisa ditemukan dengan mudah. Terkena flu dapat menyebabkan gejala seperti demam, kelelahan, atau menggigil yang dapat mengganggu sehari-hari.

Pengobatan alami dan rumahan dapat meringankan beberapa gejala. Flu disebabkan oleh virus. Beberapa jenis virus dapat menyebabkan Anda terkena flu.

Meskipun tidak ada obat untuk flu, ada pengobatan alami yang dapat membantu meredakan gejala flu. Obat-obatan ini juga dapat membantu mempersingkat durasi Anda terserang flu.

Obat Flu Alami untuk Dewasa yang Cepat Redakan Gejala



Berikut obat flu alami untuk dewasa yang cepat redakan gejala dilansir dari Health Line, Selasa (19/12/2023).



1. Minum Air


Minum air dan cairan lain menjadi lebih penting saat Anda sedang flu. Hal ini berlaku baik Anda menderita flu pernapasan atau flu perut. Air membantu menjaga kelembapan hidung, mulut, dan tenggorokan. Ini membantu tubuh Anda membuang lendir dan dahak yang menumpuk.

Anda juga bisa mengalami dehidrasi jika tidak makan atau minum secara normal. Diare dan demam yang merupakan gejala umum flu, juga bisa menyebabkan kehilangan air. Anda dapat minum air putih, air kelapa, jus, hingga teh herbal.

2. Istirahat yang Banyak


Penting untuk istirahat dan tidur lebih banyak saat Anda terserang flu. Tidur dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Cara ini membantu tubuh Anda melawan virus flu. Batalkan rutinitas Anda yang biasa dan jadikan tidur sebagai prioritas untuk membantu kembali sehat.

3. Minumlah Kaldu Hangat


Minum kaldu tulang ayam atau sapi hangat adalah cara yang baik untuk membantu Anda tetap terhidrasi. Ini membantu melancarkan pernapasan karena hidung tersumbat atau sinus. Kaldu tulang juga secara alami kaya akan protein dan mineral seperti natrium dan kalium.

Minum kaldu adalah cara yang baik untuk mengisi kembali nutrisi ini saat Anda sedang flu. Ditambah lagi, protein penting untuk membangun kembali sel kekebalan. Anda bisa membeli kaldu yang sudah jadi, tapi pastikan mencari yang rendah sodium atau garam. Anda juga bisa membuat kaldu sendiri dengan merebus tulang ayam atau sapi.

4. Tingkatkan Asupan Seng


Mineral seng penting untuk sistem kekebalan tubuh. Nutrisi ini membantu tubuh Anda membuat sel darah putih yang melawan kuman. Penelitian menunjukkan bahwa seng dapat membantu meringankan gejala pilek dan flu.

Seng membantu tubuh Anda melawan virus flu dan mungkin memperlambat kecepatan penyebarannya. Anda bisa mengonsumsi suplemen seng atau multivitamin dengan seng selama musim flu. Anda biasanya bisa mendapatkan banyak seng dari makanan harian yang seimbang.

5. Kumur Air Garam


Kumur air garam dapat meredakan sakit tenggorokan. Ini juga dapat membantu membersihkan lendir. Caranya, rebus atau panaskan air dan biarkan dingin hingga hangat atau pada suhu kamar. Campurkan 1/2 sdt garam dengan 8 ons air hangat.

Tarik air garam ke bagian belakang tenggorokan Anda dan berkumurlah selama sekitar 10 hingga 30 detik hingga mengenai mulut dan tenggorokan Anda. Buang air dan ulangi dua hingga empat kali.

10 Obat Flu Alami untuk Dewasa yang Cepat Redakan Gejala

Foto/Infografis SINDOnews



6. Minum Teh Herbal


Beberapa tumbuhan memiliki sifat antivirus dan antibakteri alami. Adas bintang adalah rempah-rempah yang merupakan sumber oseltamivir yang diekstraksi secara tradisional. Oseltamivir fosfat (lebih dikenal sebagai Tamiflu) adalah obat yang digunakan untuk mempercepat pemulihan atau mencegah terkena flu.

Sifat antivirusnya efektif melawan beberapa jenis virus flu. Herbal lain dan teh berdaun hijau juga memiliki manfaat melawan kuman dan antioksidan. Teh herbal dapat membantu tubuh Anda melawan virus flu. Minuman herbal panas juga bisa menenangkan tenggorokan dan sinus.

7. Oleskan Minyak Esensial


Beberapa jenis minyak esensial dapat membantu melindungi Anda dari virus dan bakteri tertentu. Sebuah penelitian menemukan bahwa minyak pohon teh membantu melawan virus flu dengan memperlambat atau menghentikan laju penggandaan virus.

Menurut penelitian, minyak pohon teh bekerja paling baik bila digunakan dalam waktu dua jam setelah infeksi. Hal ini menunjukkan bahwa dapat membantu menghalangi virus flu berkembang biak. Dalam bisa menambahkan beberapa tetes minyak pohon teh ke dalam sabun tangan cair saat Anda mencuci tangan atau dicampurkan ke dalam losion yang Anda gunakan.

8. Gunakan Pelembab Udara


Virus flu bertahan lebih lama di udara dalam ruangan yang kering. Hal ini bisa membuat virus lebih mudah menyebar. Suhu luar ruangan yang lebih dingin umumnya menurunkan kelembapan udara.

Udara dalam ruangan bisa menjadi kering karena penggunaan pemanas dan AC. Menggunakan pelembab udara untuk menambah kelembapan di rumah dan tempat kerja Anda dapat membantu mengurangi virus flu di udara.

9. Uap


Menghirup uap dari sepanci air hangat dapat membantu menenangkan hidung, sinus, tenggorokan, dan paru-paru. Inhalasi uap atau terapi uap menggunakan uap air untuk membantu mengeluarkan lendir yang membuat tenggorokan tidak enak dan hidung tersumbat.

Udara lembab yang hangat juga dapat meredakan pembengkakan di hidung dan paru-paru. Menghirup uap dapat membantu meredakan batuk kering, iritasi hidung, dan dada sesak.

10. Konsumsi Makanan Hambar


Jika Anda menderita flu, makanlah sedikit demi sedikit. Cobalah porsi seukuran tangan. Flu bisa membuat Anda mual, kram, dan diare. Makanan hambar lebih mudah dicerna dan dapat membantu meringankan gejala.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1141 seconds (0.1#10.140)