Tradisi Ketuk Pintu Awali Pasar Imlek Semawis

Sabtu, 10 Februari 2018 - 07:39 WIB
Tradisi Ketuk Pintu Awali Pasar Imlek Semawis
Tradisi Ketuk Pintu Awali Pasar Imlek Semawis
A A A
SEMARANG - Mengawali gelaran Pasar Imlek Semawis 2018, pengurus Komunitas Pecinan Semarang untuk Pariwisata (Kopi Semawis) menggelar ritual ketuk pintu dan doa keselamatan di Kelenteng Tay Kak Sie, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (9/2/2018).

Pasar Imlek Semawis akan diselenggarakan di Gang Pinggir Wotgandul Timur selama tiga hari, 12-14 Februari mendatang.

Ketua Panitia Pasar Imlek Semawis Harjanto Halim menjelaskan ritual ketuk pintu merupakan tradisi memberitahukan kepada masyarakat tentang pelaksanaan Pasar Imlek Semawis. Dalam tradisi ketuk pintu juga dilakukan doa selamatan di dalam area kelenteng yang berada di Gang Lombok tersebut. Gelaran Pasar Imlek Semawis yang memasuki tahun ke-14 ini mengusung tema Pasamuan Anak Zaman Now.

"Pada tahun ini kami mengangkat tema Pasamuan Anak Zaman Now. Pasamuan dalam bahasa Jawa artinya pesta mangan enak atau kumpulan. Sedangkan, istilah zaman now dipakai untuk menyesuaikan kondisi saat ini sebagaimana masyarakat zaman sekarang terutama anak-anak muda suka berselancar di dunia maya dan tidak bisa lepas dari gadget," jelas Harjanto.
Tradisi Ketuk Pintu Awali Pasar Imlek Semawis

Gagasan Pasamuan tak lain timbul dari dorongan untuk meneruskan jalinan sosial masyarakat yang mempunyai ikatan dengan kawasan Pecinan dan dibawa ke kehidupan urban masa kini.

“Kegiatan ini juga bagian dari strategi untuk melestarikan dan mengembangkan warisan budaya pasar, sekaligus mengembangkan semangat berproduksi dan tidak hanya mengkonsumsi di kalangan luas melalui pameran serta bazaar produk,” jelasnya.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5732 seconds (0.1#10.140)