Benarkah Tubuh Lebam karena Dijilat Setan? Ini Penjelasan Medisnya

Kamis, 21 Desember 2023 - 16:25 WIB
loading...
Benarkah Tubuh Lebam karena Dijilat Setan? Ini Penjelasan Medisnya
Sebagian orang percaya bahwa tubuh lebam disebabkan karena dijilat setan. Biasanya lebam muncul di area tubuh tertentu secara tiba-tiba dan tidak sakit. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Sebagian orang percaya bahwa tubuh lebam disebabkan karena dijilat setan. Biasanya lebam muncul di area tubuh tertentu secara tiba-tiba dan tidak menyebabkan rasa sakit.

Namun, anggapan tersebut hanyalah mitos. Sebab, alih-alih dijilat setan, ada penjelasan medis yang mendasari tubuh seseorang mengalami lebam .

Dokter sekaligus influencer, dr Nadia Alaydrus mengatakan bahwa tubuh lebam paling sering dialami oleh perempuan dibandingkan laki-laki. Namun, Anda tidak perlu khawatir lantaran kondisi ini bisa hilang dengan sendirinya.



“Itu jelas mitos ya, lebam atau memar atau kebiruan kayak tadi itu timbul akibat pecahnya pembuluh darah kecil di permukaan kulit,” kata dr Nadia dikutip dari akun TikTok pribadinya, Kamis (21/12/2023).

Darah yang berkumpul di permukaan bawah kulit saat pembuluh darah kecil pecah menyebabkan tubuh menjadi lebam kebiruan. Pada wanita, pembuluh darah bisa melemah menjelang menstruasi.

Kondisi ini bisa disebabkan perubahan hormonal dan kekurangan zat besi. Untuk mencegah kondisi ini, dr Nadia mengimbau masyarakat, khususnya para wanita untuk menjalani gaya hidup sehat.



Seperti halnya istirahat cukup, rutin olahraga, dan banyak minum air putih, konsumsi makanan sehat dan mengompres area tubuh yang lebam. Penting juga untuk menghindari obat-obatan yang memicu darah semakin encer.

“Sebaiknya hindari obat-obatan yang bisa membuat darah itu semakin encer seperti aspirin atau ibuprofen. Terus juga konsumsi makan makanan yang tinggi zat besi, sayur-sayuran, dan juga buah-buahan,” pungkasnya.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2506 seconds (0.1#10.140)