Ilmuwan Temukan Terapi Baru untuk Pasien Skizofrenia

Kamis, 15 Februari 2018 - 11:14 WIB
Ilmuwan Temukan Terapi Baru untuk Pasien Skizofrenia
Ilmuwan Temukan Terapi Baru untuk Pasien Skizofrenia
A A A
JAKARTA - Para ilmuwan di Inggris berhasil menemukan terapi baru untuk pasien skizofrenia. Seperti diketahui, skizofrenia merupakan penyakit kejiwaan yang membuat penderitanya mengalami halusinasi.

Terapi yang dilakukan dengan menggunakan game. Temuan ini merupakan hasil penelitian kecil yang dilakukan dr Natasza Orlov dari King's College London.

Natasza meminta 12 pasien skizofrenia untuk bermain game mendaratkan roket. Agar roket bisa sukses mendarat, setiap pasien harus mengikuti strategi dalam pikirannya. Hal ini diharapkan dapat menekan halusinasi suara yang kerap dialami pasien skizofrenia.

Hasil tes MRI menunjukkan, cara ini dapat membantu pasien skizofrenia lebih mengontrol bagian otak yang sensitif terhadap suara manusia. Dengan demikian, halusinasi lebih halus dibandingkan sebelum melakukan terapi bermain game.

"Meski studi ini masih dalam skala kecil dan tidak ada kelompok kontrol, hasilnya cukup memuaskan. Kami berencana akan menguji teknik ini pada sampel acak yang lebih besar," kata Natasza.

Dilansir BBC, terapi baru ini diharapkan bisa menjadi pilihan pasien skizofrenia yang belum berhasil dengan terapi yang sudah ada. Pasien skizofrenia juga mengalami pikiran yang tidak jelas dan mendengar suara-suara yang di dalam pikiran. Kondisi ini sering membuat pasien skizofrenia harus menarik diri dari lingkungannya.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4516 seconds (0.1#10.140)