5 Tips Sehat Santap Hidangan Natal, Jaga Kadar Gula Darah dan Kolesterol

Senin, 25 Desember 2023 - 15:27 WIB
loading...
5 Tips Sehat Santap Hidangan Natal, Jaga Kadar Gula Darah dan Kolesterol
Tak cuma penuh ornamen, Natal rasanya belum lengkap tanpa sajian makanan yang lezat. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Perayaan Natal identik dengan momen suka cita. Tak cuma penuh ornamen, Natal rasanya belum lengkap tanpa sajianmakanan yang lezat.

Beberapa makanan khas Natal identik dengan olahan daging dan juga tepung. Belum lagi kudapan manis yang selalu mampu menggoyang lidah.

Beberapa olahan yang sering muncul saat perayaan Natal ialah daging sapi dan babi. Dilansir dari laman Harvard Health, Senin (25/12/2023), daging sapi, babi, dan domba umumnya tinggi lemak jenuh. Olahan daging seperti hamburger, iga, daging babi, dan daging panggang memiliki kandungan lemak paling tinggi sehingga perlu bijak saat dikonsumsi.



Untuk itu, Anda juga perlu berhati-hati dan bijak dalam mengonsumsi makanan saat Natal. Jangan sampai kolesterol dan gula darah naik akibat mengonsumsi sajian khas Natal berlebihan.

Berikut tips sehat menyantap hidangan Natal, dilansir dari laman British Heart Foundation, Senin (25/12/2023).

1. Jangan Berlebihan

Tips pertama ialah tidak berlebihan saat mengonsumsi sajian Natal. Banyak dari kita makan lebih banyak dari biasanya selama periode Natal.

Anda tetap bisa mencicipi hidangan Natal yang lezat dan tersaji di rumah. Namun, pastikan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan terutama hidangan seperti daging yang kaya lemak hingga makanan manis.

2. Pilih yang Paling Sehat

Meski semua sajian Natal terlihat lezat, tak ada salahnya untuk memilih menu yang paling sehat di meja makan. Bila ada menu makanan yang kaya akan sayur dan buah, cobalah konsumsi lebih banyak dibandingkan makanan yang lain.

Beberapa rekomendasi menu yang sehat di momen Natal seperti dada ayam, tumis sayuran hingga dessert dari buah-buahan.

3. Perbanyak Sayuran

Berbagai sajian menu daging biasanya melimpah di momen Natal. Coba seimbangkan menu tersebut dengan memperbanyak sayur di piring Anda.

Anda tetap bisa menikmati sajian daging tersebut. Namun, tak ada salahnya melebihkan sayur-mayur sebagai pelengkap menu Natal Anda.


4. Minum Air Putih yang Cukup

Tak hanya makanan, beragam sajian minuman perasa juga hadir di meja makan saat perayaan Natal. Namun, mengingat ada banyak menu makanan yang Anda santap, ada baiknya untuk tetap memilih air putih untuk minuman Anda.

Pastikan tubuh tetap terhidrasi dengan air putih. Jangan tinggalkan air putih khususnya di momen Natal dengan sajian kuliner yang melimpah.

5. Perbanyak Sosialisasi dengan Keluarga

Satu lagi tips sehat saat menyantap hidangan Natal ialah perbanyak bersosialisasi dengan keluarga. Di momen Natal ini, tentu momen kumpul bareng keluarga jadi suatu yang dinantikan.

Untuk itu, perbanyak berbincang dengan keluarga saat perayaan Natal. Hal ini juga dapat membuat fokus Anda sedikit teralihkan dari makanan. Dengan begitu, Anda bisa mengonsumsi makanan Natal dengan bijak dan tak berlebihan.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1433 seconds (0.1#10.140)