Kunjungi Cirebon, Alam Ganjar Belajar Tradisi di Sanggar Seni dan Sentra Industri Batik Trusmi

Senin, 25 Desember 2023 - 19:06 WIB
loading...
Kunjungi Cirebon, Alam Ganjar Belajar Tradisi di Sanggar Seni dan Sentra Industri Batik Trusmi
Alam Ganjar terlihat mengunjungi sejumlah titik seni dan budaya khas Cirebon. Foto/ MNC Media.
A A A
CIREBON - Muhammad Zinedine Alam Ganjar terlihat mengunjungi sejumlah titik seni dan budaya khas Cirebon. Dalam pantauan, Alam kedapatan datang ke Sanggar Seni Kelapa Jajar dan Pusat Batik Trusmi, Minggu (24/12/2023).

Pada titik pertama, Alam Ganjar datang dan meilhat pertunjukan seni tari dari Sanggar Seni Kelapa Jajar di Kanoman, Pekalipan, Cirebon, Jawa Barat.



Alam disambut oleh tarian khas setempat, di sana Alam terlihat menikmati gerakan demi gerakan yang dilakukan oleh para penari tersebut.

Sanggar Seni Tari Kelapa Jajar telah berhasil meneruskan dan memperkenalkan sanggar kepada masyarakat sampai sekarang, sehingga seni tradisi yang menjadi khas Cirebon ini masih bisa dinikmati, bahkan bisa dipelajari generasi muda sebagai penerus.

Tak heran dari keuletan dan keikhlasan, sanggar seni tersebut telah dipercaya untuk melakukan berbagai pementasan, baik untuk sosial, adat dan keagaamaan, maupun pementasan dalam suatu parade atau ajang festival-festival kebudayaan di seluruh kota.

Selain seni tari, Alam pun datang untuk melihat pusat kebudayaan batik yang selama ini menjadi identitas Kota Cirebon, yakni batik Trusmi. Alam pun diajari bagaimana sejarah dan mencoba mempraktikkan pembuatan batik trusmi.

Batik Trusmi Cirebon merupakan salah satu batik yang terkenal di Indonesia. Lokasi pembuatannya terpusat di Kecamatan Plered, sekitar empat kilometer di sebelah barat pusat Kota Cirebon, Jawa Barat. Kepopuleran ini membuat daerah asalnya mendapat julukan Kampung Batik Trusmi.



Tak heran, Alam Ganjar pun datang dan mengungkapkan kekagumannya selama dirinya mempelajari tradisi dan budaya Cirebon. Terlebih lagi, ini pengalaman pertamanya datang dan mengenal langsung ke khasan dari Kota Cirebon.

"Rasanya kultur ini bisa menjadi satu episentrum bagaimana Cirebon bisa mengangkat pariwisatanya karena aku lihat ini sangat potensi sangat besar, sehingga di kemudian hari, Cirebon ini bisa jadi salah satu destinasi yang diburu masyarakat," tutur Alam.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1148 seconds (0.1#10.140)