5 Tips Aman Buang Air Kecil di Toilet Umum saat Liburan, Cegah Infeksi Saluran Kemih

Selasa, 26 Desember 2023 - 12:00 WIB
loading...
5 Tips Aman Buang Air Kecil di Toilet Umum saat Liburan, Cegah Infeksi Saluran Kemih
Ada beberapa tips aman buang air kecil di toilet umum saat liburan. Kondisi toilet umum yang kotor bisa menyebabkan tertular infeksi saluran kemih. Foto/Istock Photo
A A A
JAKARTA - Ada beberapa tips aman buang air kecil di toilet umum saat liburan. Kondisi toilet umum yang kotor bisa menyebabkan perempuan berisiko tertular penyakit seperti disentri, tipus, infeksi saluran kemih serta infeksi vulva dan vagina.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh American Society for Microbiology, hampir 77.000 jenis bakteri dan virus dapat ditemukan di dudukan toilet dan tempat sabun di toilet umum . Ini termasuk banyak kuman seperti e.coli, salmonella, coliform, dan rotavirus.

Di sisi lain, menahan buang air kecil juga dapat menyebabkan infeksi. Beruntungnya, ada cara aman buang air kecil di toilet umum saat liburan.

Tips Aman Buang Air Kecil di Toilet Umum saat Liburan



Berikut tips aman buang air kecil di toilet umum dilansir dari Health Shots, Selasa (26/12/2023).



1. Hindari Dudukan Toilet


Dudukan toilet yang kotor bisa berbahaya untuk kesehatan. Setiap kontak dengannya jelas dapat membuat Anda rentan tertular infeksi. Sebisa mungkin hindari kontak langsung dengan dudukan toilet dan cobalah jongkok dengan posisi setengah duduk.

Jika Anda merasa kesulitan, bersihkan dudukan toilet dengan sanitizer dan sebarkan tisu pada dudukan toilet sebelum duduk di atasnya.

2. Hindari Kontak Langsung dengan Bagian di Toilet


Hindari kontak langsung dengan bagian mana pun di toilet. Ada kemungkinan besar Anda akan bertumpu pada pegangan pintu atau dinding saat jongkok. Hal ini juga bisa menjadi masalah karena bakteri dan virus berbahaya ada di mana-mana di toilet umum.

Oleh karena itu, dokter menyarankan agar tidak melakukan kontak langsung dengan area mana pun di kamar mandi. Selain itu direkomendasikan penggunaan tisu untuk menyalakan keran, membuka kenop pintu kamar kecil, dan mengeluarkan sabun.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1444 seconds (0.1#10.140)