Kemenkes Siapkan Pos Kesehatan di Tempat Wisata dan Jalur Mudik

Rabu, 27 Desember 2023 - 15:25 WIB
loading...
Kemenkes Siapkan Pos Kesehatan di Tempat Wisata dan Jalur Mudik
Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyiapkan pos kesehatan di tempat wisata dan jalur mudik demi kenyamanan masyarakat selama libur Natal dan tahun baru. Foto/tangkapan layar
A A A
JAKARTA - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyiapkan pos kesehatan di tempat wisata dan jalur mudik demi kenyamanan masyarakat selama libur Natal dan tahun baru (Nataru).

Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono mengatakan bahwa pihaknya telah bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata (Kemenparekraf) menyediakan pos kesehatan di sejumlah tempat wisata untuk menghadapi masalah kesehatan wisatawan.

“Kami membentuk beberapa pos kesehatan di tempat-tempat wisata tersebut, bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata,” kata Dante dalam Speak After Lunch terkait Kesiapan Menghadapi Nataru Bidang Kesehatan di iNews TV, Rabu (27/12/2023).

“Jadi edukasi yang kami laksanakan tadi juga dilakukan di tempat-tempat wisata, yang nanti akan dikunjungi oleh masyarakat yang sedang melakukan liburan,” lanjutnya.



Selain itu, Dante juga memastikan pihaknya telah melakukan pemantauan sejak awal Desember untuk mempersiapkan pelayanan kesehatan di beberapa jalur-jalur masif atau jalur mudik yang kerap dilalui para wisatawan.

“Kita sudah melakukan pemantauan sejak 17 Desember untuk memastikan persiapan pelayanan kesehatan untuk memantau penyakit-penyakit tersebut,” jelasnya.

“Di beberapa tempat, di jalur-jalur yang masif, dilakukan mitigasi untuk melakukan pemeriksaan secara berkala kepada masyarakat. Dan kita tempatkan pula puskesmas serta fasilitas kesehatan yang tidak tutup di tempat-tempat di mana jalur-jalur tersebut dilalui oleh masyarakat yang melakukan mudik,” paparnya lagi.

Di sisi lain, menjelang puncak liburan Nataru, Kemenkes telah menggerakkan pusat dan daerah untuk menyiapkan pos pelayanan kesehatan di pintu keluar tol, jalur tol operasional, non-tol atau tempat wisata, terminal, stasiun, bandara, dan pelabuhan.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2272 seconds (0.1#10.140)