5 Manfaat Bawang Putih yang Sedang Tren Direndam dengan Madu

Rabu, 27 Desember 2023 - 18:18 WIB
loading...
5 Manfaat Bawang Putih yang Sedang Tren Direndam dengan Madu
Bawang putih merupakan salah satu bumbu dapur yang sangat populer di Indonesia. Foto/iStock
A A A
JAKARTA - Bawang putih merupakan salah satu bumbu dapur yang sangat populer di Indonesia. Penggunaan bawang putih bahkan menjadi kebutuhan sehari-hari. Dapat diolah dengan berbagai cara, belakangan tren merendam bawang putih dengan madu ramai diperbincangkan di media sosial X.

Selain menambah cita rasa, bawang putih juga memiliki beragam manfaat untuk tubuh, antara lain:

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Penelitian dari tahun 2016 menunjukkan bahwa ekstrak bawang putih tua dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Penelitian lain menunjukkan bahwa senyawa dalam bawang putih mungkin memiliki sifat antivirus. Selain meningkatkan sistem kekebalan, bawang putih dapat membantu mencegah virus memasuki sel inang atau bereplikasi di dalam sel.


2. Senyawa Aktif dalam Bawang Putih Mampu Turunkan Tekanan Darah

Sebuah studi meta-analisis tahun 2020 menemukan suplemen bawang putih dapat menurunkan tekanan darah pada penderita tekanan darah tinggi. Para peneliti mengaitkan efek ini dengan penurunan risiko kejadian kardiovaskular sebesar 16%-40%.

Analisis tersebut mencatat bahwa efek bawang putih mirip dengan beberapa obat tekanan darah tetapi dengan efek samping yang lebih sedikit.

Ulasan tahun 2019 mencatat bahwa allicin dalam bawang putih dapat membatasi produksi angiotensin II, hormon yang meningkatkan tekanan darah. Ini juga dapat mengendurkan pembuluh darah, sehingga darah mengalir lebih mudah.

3. Meningkatkan Fungsi Otak

Bawang putih meningkatkan kesehatan otak karena sifat antioksidan dan antiinflamasinya. Bawang putih efektif melawan penyakit neurodegeneratif seperti alzheimer dan demensia.

4. Meningkatkan Pencernaan

Masalah pencernaan Anda akan membaik dengan menambahkan bawang putih ke dalam makanan. Bawang putih bermanfaat bagi usus dan mengurangi peradangan. Makan bawang putih mentah juga membantu membersihkan cacingan, serta menghancurkan bakteri jahat dan melindungi bakteri baik di usus.

5. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Bawang putih membantu mencegah jerawat dan mencerahkan bekas jerawat. Luka dingin, psoriasis, ruam, dan lecet semuanya bisa mendapatkan manfaat dari penggunaan jus bawang putih. Bawang putih juga melindungi kulit dari paparan sinar UV dan mencegah penuaan.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1021 seconds (0.1#10.140)