5 Cara Mencegah Kolesterol Naik usai Pesta Tahun Baru

Minggu, 31 Desember 2023 - 06:00 WIB
loading...
5 Cara Mencegah Kolesterol Naik usai Pesta Tahun Baru
Ada beberapa cara mencegah kolesterol naik usai pesta tahun baru yang menyenangkan. Sayangnya, tak semua orang sadar akan pentingnya menjaga kadar kolesterol. Foto/Gbu Presnenskij
A A A
JAKARTA - Ada beberapa cara mencegah kolesterol naik usai pesta tahun baru yang menyenangkan. Sayangnya, tak semua orang sadar akan pentingnya menjaga kadar kolesterol tetap normal, khususnya bagi mereka yang berisiko tinggi.

Sebab saat pesta tahun baru, banyak yang kalap mengonsumsi berbagai hidangan di atas meja. Terlebih, makanan yang disuguhkan terbilang tinggi lemak, kalori, dan garam yang bisa menyebabkan kadar kolesterol naik meski rasanya enak.

Kondisi ini pun semakin diperparah dengan mengonsumsi makanan tersebut secara berlebihan. Selain itu, tidak ada waktu untuk olahraga di tengah perayaan membuat seseorang berisiko tinggi terkena kolesterol.

Cara Mencegah Kolesterol Naik usai Pesta Tahun Baru



Berikut cara mencegah kolesterol naik usai pesta tahun baru dilansir dari Times Now News, Minggu (31/12/2023).



1. Pilih-pilih Makanan


Meski makanan tinggi lemak dan tinggi kolesterol disajikan secara berlebihan saat tahun baru, bukan berarti Anda tidak boleh makan. Secara sadar cobalah memilih makanan dan isi piring Anda dengan lebih banyak sayuran daripada makanan olahan atau berkalori tinggi.

Makanan kaya serat menyehatkan jantung dan dapat membantu mengatur kadar kolesterol. Serat juga mengurangi penyerapan kolesterol dan asam empedu yang digunakan hati untuk membuat kolesterol. Makanan alami tinggi serat seperti oatmeal, biji chia, kacang-kacangan, biji-bijian, apel, alpukat, jeruk, dan gandum.

2. Lakukan Aktivitas Luar Ruangan


Meskipun menghadiri pesta tahun baru, pastikan bersenang-senang di luar ruangan sebelum makan. Hal ini dapat mencakup mengajak hewan peliharaan berjalan-jalan di taman terdekat, membersihkan halaman atau berkebun bersama keluarga dan teman.

Aktif setelah makan dapat membantu pencernaan dan meningkatkan metabolisme. Jangan lupa olahraga setiap hari karena dapat menurunkan kolesterol tinggi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2129 seconds (0.1#10.140)