10 Cara Mengelola Diabetes usai Pesta Tahun Baru, Cegah Gula Darah Tinggi

Senin, 01 Januari 2024 - 09:05 WIB
loading...
10 Cara Mengelola Diabetes usai Pesta Tahun Baru, Cegah Gula Darah Tinggi
Ada beberapa cara mengelola diabetes usai pesta tahun baru. Hal ini penting dilakukan para penderita diabetes guna mencegah kadar gula darah dalam tubuh tinggi. Foto/Medeor Hospital
A A A
JAKARTA - Ada beberapa cara mengelola diabetes usai pesta tahun baru . Hal ini penting dilakukan para penderita diabetes guna mencegah kadar gula darah dalam tubuh tinggi.

Saat tahun baru , banyak orang merayakannya dengan mengonsumsi berbagai makanan tinggi karbohidrat, dan lemak. Penderita diabetes sendiri harus berhati-hati mengonsumsi makanan guna menjaga kadar gula darah tetap normal.

Sayangnya, tak sedikit yang merasa kalap karena momen pergantian tahun dan kegembiraan. Terlebih, malam tahun baru dirayakan dengan kumpul bersama sahabat, kerabat atau bahkan orang tersayang.

Cara Mengelola Diabetes usai Pesta Tahun Baru



Berikut cara mengelola diabetes usai pesta tahun baru dilansir dari Times of India, Senin (1/1/2024).



10 Cara Mengelola Diabetes usai Pesta Tahun Baru, Cegah Gula Darah Tinggi

Foto/Infografis SINDOnews

1. Ketahui Kadar Gula Darah


Ketahui kadar gula darah Anda sebaik mungkin. Manfaatkan Self-Monitoring Blood Glucose (SMBG) atau Continuous Glucose Monitoring (CGM) untuk melacak kadar gula darah Anda.

2. Rutin Konsumsi Obat


Jangan pernah melewatkan obat Anti-Diabetik Oral (OAD) atau obat resep Anda. Konsumsilah obat sesuai dengan yang disarankan oleh dokter, termasuk jika Anda melakukan perjalanan jauh di tahun baru.

3. Diet Seimbang


Pastikan asupan protein dan serat harian Anda cukup dengan mengonsumsi sayuran, dan produk daging. Hindari daging merah, makanan berminyak, makanan manis dengan gula sederhana, madu, dan lemak jenuh seperti margarin, dan minyak sawit. Moderasi selalu menjadi kuncinya. Perhatikan ukuran porsi dan pilihan makanan yang akan dikonsumsi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1567 seconds (0.1#10.140)