7 Cara Menurunkan Berat Badan untuk Perempuan, Aman dan Sehat

Senin, 01 Januari 2024 - 12:50 WIB
loading...
A A A
Studi juga menunjukkan bahwa minum air sebelum makan dapat meningkatkan penurunan berat badan dan mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi sekitar 13 persen.

7 Cara Menurunkan Berat Badan untuk Perempuan, Aman dan Sehat

Foto/Infografis SINDOnews



4. Makan Lebih Banyak Protein


Makanan berprotein seperti daging, unggas, makanan laut, telur, produk susu, dan kacang-kacangan merupakan bagian penting dari pola makan sehat, terutama dalam hal penurunan berat badan. Faktanya, penelitian mencatat bahwa diet tinggi protein dapat mengurangi nafsu makan, meningkatkan perasaan kenyang, dan meningkatkan metabolisme.

Sebuah penelitian kecil selama 12 minggu juga menemukan bahwa peningkatan asupan protein hanya sebesar 15 persen menurunkan asupan kalori harian rata-rata 441 kalori, menghasilkan penurunan berat badan sebesar 5 kg.

5. Tetapkan Jadwal Tidur Teratur


Penelitian menunjukkan bahwa tidur yang cukup sama pentingnya untuk menurunkan berat badan seperti halnya diet dan olahraga. Berbagai penelitian mengaitkan kurang tidur dengan peningkatan berat badan dan kadar ghrelin yang lebih tinggi, hormon yang bertanggung jawab untuk merangsang rasa lapar.

Selain itu, sebuah penelitian pada perempuan menunjukkan bahwa tidur setidaknya tujuh jam setiap malam dan meningkatkan kualitas tidur secara keseluruhan meningkatkan kemungkinan keberhasilan penurunan berat badan sebesar 33 persen.

6. Latihan Aerobik


Latihan aerobik, juga dikenal sebagai kardio, meningkatkan detak jantung untuk membakar kalori ekstra. Studi menunjukkan bahwa menambahkan lebih banyak kardio ke dalam rutinitas dapat menghasilkan penurunan berat badan yang signifikan, terutama bila dipadukan dengan pola makan yang sehat.

Untuk hasil terbaik, lakukan kardio setidaknya 20–40 menit per hari, atau sekitar 150–300 menit per minggu.

7. Kendalikan Stres


Beberapa penelitian menunjukkan bahwa peningkatan tingkat stres dapat berkontribusi pada risiko kenaikan berat badan yang lebih tinggi dari waktu ke waktu. Stres juga dapat mengubah pola makan dan berkontribusi pada masalah seperti makan berlebihan dan makan berlebihan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1995 seconds (0.1#10.140)