9 Gejala Kista Ovarium pada Wanita yang Bisa Jadi Tanda Masalah Kesehatan Serius

Senin, 01 Januari 2024 - 16:10 WIB
loading...
9 Gejala Kista Ovarium pada Wanita yang Bisa Jadi Tanda Masalah Kesehatan Serius
Gejala kista ovarium pada wanita terdiri dari beberapa tanda yang harus diwaspadai. Kista ovarium adalah kantung, biasanya berisi cairan di dalam ovarium. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Gejala kista ovarium pada wanita terdiri dari beberapa tanda yang harus diwaspadai. Kista ovarium adalah kantung, biasanya berisi cairan, di dalam ovarium atau di permukaannya.

Wanita memiliki dua ovarium, yang mana satu ovarium terletak di setiap sisi rahim. Setiap ovarium berukuran dan berbentuk almond. Kista ovarium sering terjadi dan seringkali penderitanya hanya merasakan sedikit atau tidak ada rasa tidak nyaman.

Di sisi lain, kista tidak berbahaya. Kebanyakan kista hilang tanpa pengobatan dalam beberapa bulan. Namun terkadang kista bisa pecah dan menyebabkan gejala yang serius.

Gejala Kista Ovarium pada Wanita



Berikut gejala kista ovarium pada wanita dilansir dari Mayo Clinic, Senin (1/1/2024).



Kebanyakan kista ovarium berukuran kecil dan tidak menimbulkan masalah apa pun. Kista lebih sering menimbulkan keluhan ketika ukurannya semakin besar dan umumnya penderita akan mengalami beberapa gejala.

1. Nyeri panggul yang datang dan pergi.
2. Merasakan nyeri tumpul atau nyeri tajam di area bawah pusar di satu sisi.
3. Rasa penuh, tertekan atau berat di perut (abdomen).
4. Kembung atau merasa kenyang.
5. Mual.
6. Bengkak di daerah perut Anda.
7. Nyeri saat berhubungan seks.
8. Nyeri selama menstruasi.
9. Sering ingin buang air kecil atau besar.

Anda perlu menemui dokter jika kista membesar, menimbulkan gejala, atau pecah. Kista bisa pecah dan Anda akan merasakan sakit saat ini terjadi, tetapi mungkin juga tidak.

Anda juga bisa merasakan tidak beberapa hari setelah kista pecah. Dilansir dari Webmd, terkadang ketika kista ovarium pecah, Anda akan mengeluarkan cairan yang terlihat seperti bercak vagina atau pendarahan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1993 seconds (0.1#10.140)